Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : TIM SI

SEMINAR, WORKSHOP NASIONAL DAN MUSYAWARAH NASIONAL APPTIS V 23-26 JULI 2024 DI CONVENTION HALL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) kembali  menggelar Musyawarah Nasional (APPTIS) ke-V, Seminar Nasional dan Workshop pada Selasa 23-26 Juli 2024 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan akbar ini mengusung tema: “Empowering Academic Librarians for Enhancing Research Quality”

Kegiatan yang diikuti oleh 200 orang peserta ini merupakan forum komunikasi ilmiah, knowledge sharing para pustakawan di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam. Selain itu melalui forum ini para pustakawan dan mayarakat umum dapat mengetahui hasil riset terupdate para pustakawan yang telah tejaring melalui call for papers sejumlah 27 judul.

Hadir dalam pembukaan perhelatan akbar ini dan memberikan sambutan yaitu: Ketua APPTIS Pusat /Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dr. Labibah Zain, MLIS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena akan menginspirasi dan memberdayakan pustakawan, menjadi ajang mempererat silaturahmi dan memperluas jaringan. Rektor UIN Sunan Kaljaga: Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa fungsi perpustakaan sebagai sarana riset dan pengembangan pengetahuan. Hal tersebut sudah ada sejak jaman romawi hingga pada masa Khalifah Harun Al Rasyid yaitu the golden age yang terdapat Baitul Hikmah sebagai perpustakaan terbesar di dunia yang berperan besar pada gerakan penterjemahan ilmu pengetahuan kedalam Bahasa Arab sehingga Baghdad menjadi pusat pengetahuan dunia.

Kasubdit Ketenagaan Kementrian Agama RI Muhammad Aziz Hakim, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan merupakan elemen penting dalam pendidikan, namun masih banyak pimpinan lembaga yang masih memberi sedikit perhatian. Oleh karena itu Kementerian Agama RI akan berupaya lebih memperhatikan perpustakaan, antara lain dalam hal peningkatan kompetensi pustakawan, dan Kementerian Agama berperan penting dalam mengorkestrasi hal tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa perkembangan ekosistem digital menuntut pustakawan untuk mampu beradaptasi agar dapat melayani pemustaka dengan lebih baik, sedangkan pimpinan lembaga berperan penting dalam menyediakan sarana, prasarana, dan infrastruktur yang dibutuhkan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

Sesi pembukaan ini ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Dr. Muhammad Thawwaf, S.IP, M.Si. Acara pembukaan ini disemarakkan dengan penampilan Gita Divana, yaitu grup vocal yang terdiri dari para mahasiswa difabel dan relawan UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, penampilan tari dari grup tari Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan informasi Islam Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga turut memeriahkan acara pembukaan.

Pada sesi seminar nasional, Laksda Suratno dari Lemhannas RI mempresentasikan tema Pembinaan dan Sosialisasi Integrasi Nilai-nilai Pancasila di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam presentasinya beliau menyampaikan bahwa perpustakaan merupakan center pengetahuan, dan kegemaran membaca yang tinggi  akan mendorong kemajuan bangsa. Selain itu, perpustakaan dan pustakawan perlu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dan perubahan itu harus dari diri sendiri, mengembangkan inovasi, dan pelayanan perpustakaan yang lebih menarik yang di dalamnya mencakup internalisasi nilai-nilai Pancasila. Secara rinci beliau memaparkan dengan bebagai contoh tentang empat konsesus dasar berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila sebagai dasar ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara,  Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, dan NKRI, sebagai bentuk negara.

Bertindak selaku moderator seminar Ulfah Andayani, S.Ag., MIP, (Pustakawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Adapun dalam sesi Workshop Nasional, Dr Yani Asih dari Ristek BRIN mempresentasikan tema Step by Step Sistematic Literatur Review. Workshop ini dipandu oleh Mufid, S.Ag. M. Hum , Kepala Perpustakaan UIN Malang.

Pada tanggal 25 Juli 2024 dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama beberapa Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam. Acara dilanjutkan dengan sesi Call for Papers yang pada kesempatan ini  sebanyak 27 judul karya ilmiah di bidang kepustakawanan dipresentasiakan  oleh para pustakawan.

Agenda penting lainnya adalah Musyawarah Nasional APPTIS V yang diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Juli 2024. Dalam kesempatan ini dilaksanakan pemilihan ketua APPTIS periode 2024-2028. Para kandidat calon Ketua APPTIS tersebut adalah sebagai berikut:

1.Mufid, S.Ag., SS., M.Hum (Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

2. Agus Rifa’I, S.Ag., SS., M.Ag., Ph.D (Kepala Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

3. Indah Wijaya Antasari, S.Sos., M.I.Kom (Kepala Perpustakaan UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

4. Dr. H. Muhammad Tawwaf, SIP., M.Si

5. Dr. Wiji Suwarno, S.Pd.I, S.IPI., M.Hum. (Kepala Perpustakaan UIN Salatiga)

Kegiatan Seminar, Workshop Nasional dan Munas APPTIS V ini dapat terlaksana dengan baik juga karena dukungan  para sponsor yang menjadi mitra perpustakaan, antara lain Taylor and Francise, Cambridge, Spektra,  serta Elsevier.

Dari Hasil pemilihan ketua APPTIS dari lima kandidat di atas telah terpilih Mufid, S.Ag., SS., M.Hum (Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) sebagai Ketua APPTIS periode 2004 – 2008. (Tim Medsos)