USER EDUCATION MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2023/2024

USER EDUCATION MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Salah satu bentuk layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang diberikan kepada pemustaka, yaitu User Education bagi semua mahasiswa baru program S1 maupun Pascasarjana. Pada Tahun Akademik 2023/2024 ini sejumlah 4.679 orang mahasiswa Program Pascasarjana mengikuti user education secara luring pada tanggal 10 hingga 23 Oktober 2023 bertempat di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
User Education bagi mahasiswa baru Program S1 telah dilaksanakan pada tanggal 12 September hingga 3 Oktober 2023. Setiap mahasiswa yang akan mengikuti user education diharuskan mendaftarkan diri secara online melalui akademik.uin-suka.ac.id. User education merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru sebagai persyaratan aktivasi keanggotaan perpustakaan.
Dalam kegiatan user education, mahasiswa baru S1 menerima materi pengenalan perpustakaan yang disampaikan oleh para Pustakawan UIN Sunan Kalijaga. Materi tersebut mencakup antara lain tentang fasilitas dan layanan perpustakaan, tata tertib, dan prosedur layanan perpustakaan, pengenalan ragam sumber informasi, e-resources, media sosial perpustakaan, praktek penelusuran, praktek peminjaman dan pengembalian mandiri, serta library tour. Selain itu, dalam sesi klasikal peserta dipandu dalam memanfaatkan aplikasi mentimeter untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menangkap materi yang disampaikan.
Adapun bagi mahasiswa Pascasarjana, materi user education lebih ditekankan pada eksplorasi dan pemanfaatan sumber-sumber riset berupa e-resources, e-database, praktek penelusuran e-book, e-journal, serta praktek peminjaman dan pengembalian mandiri melalui visilibrary. Pada awal dan akhir kegiatan peserta diharuskan mengisi pretest dan postest secara onlie.
Mahasiswa baru yang telah mengikuti user education akan mendapatkan sertifikat dan aktivasi keanggotaan. Bila keanggotaan telah diaktivasi, mahasiswa berhak untuk meminjam koleksi buku dan mengakses layanan perpustakaan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. Dari kegiatan user education ini diharapkan mahasiswa baru mampu mengenal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan lebih baik, dan mampu mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan, baik secara fisik maupun online untuk menujang keberhasilan studi di UIN Sunan Kalijaga. (TimMedsos)

Share this post

Leave a Reply