Internasional Sharing Season “The Crucial Role of Artificial Inteligent in the Libraries in Advancing Education for Sustainable Development”

Internasional Sharing Season “The Crucial Role of Artificial Inteligent in the Libraries in Advancing Education for Sustainable Development”

Perpustakaan merupakan salah satu aspek penting berkaitan dengan ketersediaan dukungan riset akademik, pendokumentasian dan university achievements. Untuk itu optimalisasi teknologi informasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perpustakaan, terlebih di era masyarakat 4.0. Dalam masa selanjutnya, kita menghadapi tantangan perkembangan industry 5.0 yang mendorong pada efisiensi, produktifitas dan kesejahteraan yang hal tersebut merupakan pengkombinasian antara artificial intelligent (AI), teknologi robotic, inovasi, dan human skill. Beberapa produk teknologi yang memanfaatkan AI telah membantu manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan termasuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa di perguruan tinggi.

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Selasa, 21 November 2023 bertempat di ruang teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, telah dilaksanakan International Sharing Season “The Crucial Role of Artificial Intelligent in the Libraries in Advancing Education for Sustainable Development”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Pakistan Library Club.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Dr. Labibah, MLIS ini menghadirkan Mr. Arshad Mahmood, Direktur Pakistan Library Club. Mr. Mahmood menulis banyak artikel ilmiah  yang telah submit dalam konferensi internasional di beberapa negara. Selain itu beliau juga terlibat dalam kegiatan berbagai organisasi profesi pustakawan internasional. Dalam presentasinya, beliau memaparkan secara komprehensif tentang ChatGPT, antara lain Sejarah ChatGPT, fungsi, penggunaannya di perpustakaan dan pustakawan, serta keuntungan dan kelebihannya. ChatGPT merupakan salah satu produk teknologi informasi yang memanfaatkan Artificial Intelligent untuk membatu tugas pustakawan dalam meningkatkan layanan, seperti memberikan layanan reference virtual bagi pemustaka, interactive tutorial, dan menyediakan transkrip konten video bagi para difabel. Adapun dalam mengaplikasikan teknologi ini, yang perlu dipertimbangkan adalah antara lain berkaitan dengan privacy, keamanan, serta biaya.

Kegiatan International sharing season yang dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta ini dimoderatori oleh Isrowiyanti, dan selaku MC adalah Asri Yuna. Keduanya merupakan Pustakawan UIN Sunan Kalijaga yang bertugas di layanan umum dan layanan teknis. Di akhir acara, panitia membagian souvenir menarik kepada para peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. (TimMedsos)

Share this post

Leave a Reply