PAMERAN BATIK RAJAH BERSAMA KAJI HABEB DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

PAMERAN BATIK RAJAH BERSAMA KAJI HABEB DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, dan dalam upaya melestarikan warisan budaya nasional, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Pameran Batik Rajah. Pameran dilaksanakan di lantai 1 gedung perpustakaan dari pukul 8.00 – 16.00 WIB.

Batik merupakan salah satu warisan Indonesia yang diakui dunia internasional, dan menjadi identitas budaya Indonesia. UNESCO menerapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non – Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) melalui keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, untuk itu pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Kaji Habeb sebagai owner Batik Rajah dalam kesempatan dialog dengan Kepala Perpustakaan  UIN Sunan Kalijaga Dr. Labibah, MLIS. menyampaikan bahwa Batik Rajah merupakan batik spiritual kontemporer yang  bermakna filosofis, antara lain mengajak kita untuk selalu mengingat Sang pencipta. Kaji Habeb terinspirasi dari bentuk-bentuk rajah Islam yang dimodifikasi menjadi berbagai motif batik. Motif Rajah Manunggal, Rajah Semesta, merupakan contoh motif Batik Rajah yang unik, berbeda dengan motif klasik dan motif batik lainnya. Dalam berkreasi, beliau mendasarkan pada berbagai hal yang bersifat spiritual, baik flora, fauna, dan fenomena sosial. Selain itu Batik Rajah lebih cenderung pada warna cerah sebagai simbol berbagai cahaya. Batik yang hanya satu-satunya di Indonesia ini didesain secara ekslusif dan menampilkan desain yang berbeda di setiap produknya. Setiap desain Batik Rajah ini merupakan hasil  perenungan dari situasi kebatinan pembatiknya dan situasi sosial yang berlangsung.

Pemustaka dapat mengikuti pandangan Kaji Habeb lebih jauh tentang Batik Rajah ini melalui tayangan di  chanel youtobe Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga @sukalib dalam Program Living Collection. Pemustaka juga dapat berdialog langsung dengan Kaji Habeb untuk menggali lebih jauh tentang Batik Rajah dengan menghubungi perpustakaan melalui no WA Kak Imum 081229990074. (TimMedsos)

Share this post

Leave a Reply