PAMERAN BUDAYA IDKS 2023 MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN

PAMERAN BUDAYA IDKS 2023 MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN

Kamis, 25 Mei 2023 bertempat di lantai 1 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dilaksanakan kegiatan Pameran Budaya IDKS  bertema “Revitalisasi Etika Seni Pertunjukan yang Terasingkan”.  Kegiatan ini diselenggarakan dan diikuti oleh mahasiswa semester 4 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga. Informasi dalam Konteks Sosial  (IDKS) merupakan salah satu mata kuliah pada jurusan Ilmu Perpustakanan yang diampu oleh DR. Labibah, MLIS.  Dalam pameran ini ditampilkan berbagai kesenian pertunjukan dari berbagai daerah, khususnya kesenian daerah jawa yang jarang dijumpai.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dr. Labibah, MLIS yang membuka acara ini menyampaikan bahwa kegiatan pameran ini merupakan produk ujian mata kuliah IDKS, yang mahasiswa dituntut untuk mengeksplisitkan tacid knowledge, menyampaikan dan mendeskripsikan secara tertulis tentang kesenian yang dieksplorasi kemudian menyajikannya kepada masyarakat sehingga mengedukasi masyarakat tentang kesenian tersebut. Disamping itu kegiatan ini sebagai salah satu upaya preservasi kebudayaan. Sedangkan Dekan Fakultas Adab M. Wildan, MA., dalam pembukaan kegiatan ini menyampaikan bahwa event ini sangat penting untuk menyampaikan informasi ke publik tentang kesenian yang terpinggirkan.

Kesenian yang ditampilkan antara lain Tari Srandul, Tari Kuntulan, Reog Wireng, Dadung Awuk, Rampak, Gedruk Buto, Tari Lawet, Tari edan-edanan, Tari Sintren, dan Tari Kubro Siswo. Dari berbagai stand kesenian yang dipamerkan, stand Dadung Awuk dinobatkan menjadi juara pertama, Reog Wireng sebagai juara kedua, dan Rampak Gedruk Buto sebagai juara ketiga. (Ist)

Share this post

Leave a Reply