FGD MEMPERINGATI HARI JADI DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

FGD MEMPERINGATI HARI JADI DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Difabel Corner ke-11, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan FGD pada Kamis, 19 Januari 2023, bertempat di ruang serbaguna lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. FGD dihadiri oleh 14 peserta yang terdiri dari alumni partime Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga  dari berbagai periode, pustakawan, dan mahasiswa relawan difabel. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Dr. Labibah, MLIS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya keberadaan Difabel Corner sebagai sarana untuk mengakses informasi bagi mahasiswa difabel

FGD membahas tentang perkembangan layanan Difabel Corner sejak diresmikan hingga saat ini. Melalui forum ini juga dibahas rencana kegiatan yang dapat  dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas Difabel Corner. Dari FGD ini tersusun datar kegiatan layanan Difabel Corner yang dapat diselenggarakan mulai saat ini dan di waktu yang akan datang. Kegiatan tersebut antara lain berupa: Sosialisasi Difarepository, mengaktifkan kajian Al-Qur’an, bedah buku, serta bimbingan scan buku atau alih media. Perpustakaan juga dapat bekerjasama dengan Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan bertema disabilitas. Selain itu, Perpustakaan juga perlu mempromosikan layanan Difabel Corner dengan membuat berbagai konten tutorial layanan dengan memanfaatkan media social seperti Instagram maupun aplikasi tik tok.

Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga diresmikan oleh Wakil Rektor I Bidang  Akademik pada 20 Desember 2011. Pada saat diresmikan Difabel Corner berlokasi di bagian selatan Layanan Informasi. Tuntutan akan aksesibilitas mengharuskan Difabel Corner relokasi ke ruangan sekarang ini yang lebih luas dan lebih mudah diakses oleh mahasiswa difabel.  Seiring berjalannya waktu, fasilitas layanan Difabel Corner juga mengalami peningkatan, seperti telah tersedianya unit computer yang lebih kompatibel, pendingin ruangan, dan jumlah konten difarepository. (Ist)

Share this post

Leave a Reply