Sosialisasi Publish or Perish: Panen Metadata Referensi

Sosialisasi Publish or Perish: Panen Metadata Referensi

Rangkaian Program Research Tools ke-8 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga adalah Sosialisasi aplikasi Publish or Perish (PoP). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Juni 2022 ini dilaksanakan secara daring  melalui aplikasi zoom dengan menghadirkan narasumber Dr. Rama Kertamukti, M.Sn. Beliau adalah Kaprodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Soisal dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga,  selain itu juga sebagai Ketua Rumah Jurnal UIN Sunan Kalijaga.

Narasumber menyampaikan bahwa tuntutan penulis dan peneliti adalah tulisan atau hasil riset harus berguna bagi masyarakat atau mengikuti pasar. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang banyak dibaca orang dan banyak disitasi. Mengapa kita memerlukan PoP?, Software ini membantu dalam penilaian kualitas publikasi, mengetahui afiliasi penulis, serta kontribusinya yang berharga di lapangan di samping itu juga membantu akademisi dan peneliti untuk mempresentasikan dampak penelitian, serta mengetahui rangking penulis di jurnal tertentu.

PoP yang dikembangkan tahun 2006 merupakan salah satu aplikasi reference tool yang dapat diakses, diinstal secara gratis untuk memanen  metadata semua bidang ilmu. Software ini penting bagi dosen dan pustakawan untuk mendapatkan referensi terpilih saat melakukan riset. Pengguna dapat memanfaatkan PoP tanpa berlangganan database yag komersial untuk mencari, menyaring kualitas artikel yang selanjutnya disajikan dalam bentuk metadata. Prinsip kerja PoP yaitu mengembangkan metadata, disimpan dalam format RIS, yang dapat ditambahkan di reference manager seperti Mendelay .

Webinar  yang dihadiri oleh para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga ini dipandu oleh Asri Yuna sebagai, SIP, sebagai moderator, dan  dibuka oleh Ibu Dra. Ida Nur’aini Hadna, M.Pd. sebagai Ketua pelaksana Program Research Tools Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Rangkaian Program Research Tools yang telah dilaksanakan sebelumnya adalah sosialisasi aplikasi Turn It In, database ebook ejournal Ebsco, Scopus, Taylor & Francis, Scimago, Path finder untuk pustakawan, dan Grammarly. Rangkain kegiatan ini dapat pemustaka ikuti kembali melalui youtobe channel Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga @sukalib.  (Ist)

Share this post

Leave a Reply