SOSIALISASI DATABASE TAYLOR & FRANCIS DAN TIPS SUBMIT TO ARTIKEL JOURNAL

SOSIALISASI DATABASE TAYLOR & FRANCIS DAN TIPS SUBMIT TO ARTIKEL JOURNAL

Hari Rabu, 9 Maret 2022 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Database Taylor & francis. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti oleh para dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ardy Chandra sebagai Jurnal representative Indonesia, yang bergerak dalam bisnis development bidang pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan. Kegiatan sosialisasi dipandu oleh moderator Adilfiya Nur Bilqis, Pustakawan UIN Sunan Kalijaga.

Database Taylor & Francis telah dilanggan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sejak tahun 2019 untuk subyek Psikologi, tahun 2020 untuk subyek Sosiologi, dan tahun 2021 untuk subyek Komunikasi. Pemustaka dapat mengakses database ini melalui website perpustakaan lib.uin-suka.ac.id, baik dari dalam institusi melalui wifi kampus, dan dari luar kampus UIN Sunan Kalijaga melalui ez proxy yang sudah terdaftar.

Ardy Chandra menyampaikan bahwa database Taylor & Francis  yang berusia lebih 225 tahun ini merupakan publisher yang mempublikasikan ejurnal dan ebook bidang Humanities, Sosial Sciences, Technologi dan Medical. Saat ini database Taylor & Francis menyediakan lebih dari 2500 jurnal dan lebih dari 7000 buku baru tiap tahun.

Melalui database ini pemustaka dapat menelusur artikel jurnal berdasar abjad, memfilter hasil penelusuran, dan menggunaakan Boolean operator sebagai trik dalam menelusur artikel jurnal. Dalam kegiatan sosialisasi ini Ardy Chandra juga menyampaikan tips untuk akses ebooks, dan bagaimana agar bisa submit jurnal  ke database Taylor & Francis, antara lain login menggunakan akun ORCID ID dan memperhatikan journal matrics terkait acceptance.

Dari kegiatan sosialisasi database Taylor & Francis ini sangat diharapkan para sivitas akademika mengenal lebih baik database ini dan dapat memanfaatkannya secara optimal. Pemustaka maupun peserta dapat mengikuti kembali pemaparan narasumber terkait sosialisasi ini melaui channel yotobe @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply