SOSIALISASI PEMANFAATAN DATABASE & EBOOK EBSCO

SOSIALISASI PEMANFAATAN DATABASE & EBOOK EBSCO

Selasa, 8 Februari 2022 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Database dan eBook EBSCO dengan narasumber Erick Junikon, Regional Sales Manager EBSCO International Inc. Kegiatan yang diikuti oleh para sivitas akademika dari dalam dan luar UIN Sunan Kalijaga ini berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom. Dalam kesempatan ini, Erick memaparkan materi tentang EBSCO Information Services, EBSCO Database, EBSCO eBook dan EBSCO Mobile. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Khusnul Khotimah, MIP, dan dipandu oleh moderator Anik Nur Azizah.
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga saat ini melanggan EBSCO Database yang meliputi database Academic Search Elite, Arab World Research Source, dan EBSCO eBook. Database Academic search Elite merupakan multisubyek yang mencakup 1100 aktive fultext, non-open acess journal, magazine, trade publication, monograf, dan video. Konten Academic Search Elite berasal dari berbagai wilayah Eropa, Asia dan Oceania.
Database Arab Research Source juga merupakan multi subyek dalam Bahasa Inggris dan Arab, yang kontennya berasal dari berbagai wilayah Timur Tengah dan Arab. Arab Research Source mencakup ratusan jurnal non-open akses fullteks, dan peer-review. Melalui database ini para sivitas akademika dapat mengakses berbagai artikel jurnal istimewa yang tidak ditemukan di vendor aggregator lainnya. Database ini juga menyediakan platform untuk mengubah bahasa sesuai dengan bahasa yang diperlukan pengguna.
Erick juga memaparkan lima langkah yang perlu diperhatikan untuk mengakses artikel melalui EBSCO eBook, yaitu: search, facet, result, folder, dan save/alert. Beliau juga menjelaskan dan memberi contoh penggunaan Boolean Operators (AND, OR, dan NOT yang akan membantu pengguna untuk mendapatkan artikel yang diinginkan secara tepat dan efektif.
Hal lain yang menarik dari EBSCO database ini adalah, hadirnya aplikasi baru yaitu EBSCO mobile yang mengintegrasikan ebook dan EBSCO database. Hal tersebut akan mempermudah pengguna dalam mengakses ebook/ejurnal dan membaca secara online, serta melihat tayangan video yang tercantum di EBSCO database secara praktis melalui gadget yang dimiliki. Fasilitas lain yang dijelaskan oleh Erick adalah EBSCO Connect Website yang memfasilitasi pengguna dalam mengakses flyer, poster, informasi lain, user guide, dan tutorial. Adapun EBSCO Academi merupakan fasilitas utk mengakses tutorial dalam bentuk video, juga kelas training online dg regestrasi, maupun versi rekaman.
Antusiasme peserta kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Database dan EBook EBSCO ini nampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. 10 peserta yang beruntung berhak memperoleh gift dari panitia. Para peserta dan masyarakat dapat mengikuti tayangan sosialisasi ini secara seksama melalui Youtobe channel @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply