FGD PAPARAN HASIL PENELITIAN “IMPLEMENTASI DIGITAL HUMANITIES IN THE STATE ISLAMIC UNIVERSITY LIBRARIES IN INDONESIA”

FGD PAPARAN HASIL PENELITIAN “IMPLEMENTASI DIGITAL HUMANITIES IN THE STATE ISLAMIC UNIVERSITY LIBRARIES IN INDONESIA”

“Implementasi Digital Humanities in The State Islamic University Libraries in Indonesia” merupakan judul penelitian yang telah dilaksanakan oleh tim riset yang terdiri dari dosen, pustakawan, dan mahasiswa. Mereka adalah tiga orang Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yaitu Dra. Labibah, MLIS (Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga), Ahmad Anwar, M.A, Marwiyah , M.LIS, Pustakawan UIN Sunan Kalijaga, Ida Nor’aini Hadna, M.Pd., Kepala Perpustakaan/Pustakawan UIN Kediri, Komarudin, M. Hum., dan mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Ilma Nabilla Ashifia Hanum.
Hasil penelitian tersebut dipaparkan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh seluruh pustakawan UIN Sunan Kalijaga pada hari Jumat, 24 Desember 2021 di ruang serbaguna lantai I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Risty Setyawati, MA Kepala Perpustakaan Universitas Jenderal Ahmad Yani hadir sebagai moderator yang memandu jalannya diskusi. Selain FGD dilaksanakan pula Pelatihan Metodologi Penelitian dengan narasumber Drs. Umar Sidik, M.Pd ( Peneliti di Pusat Balai Bahasa DIY): pelatihan metodologi penelitian.

Penelitian yang mengambil lokasi di tiga tempat, yaitu UIN Sunan Kalijaga, UIN Syarif Hidayatullah, dan UIN Malang ini berfokus pada kompetensi SDM, fasilitas web, digital repository, sarana pendidikan, serta kebijakan dan kolaborasi. Penelitian tersebut menggunakan metodologi pengumpulan data, wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Ibu Labibah, salah satu periset menyampaikan bahwa perpustakaan merupakan bagian integral kegiatan riset, dan berperan dalam penyebaran hasil penelitian ke tengah masyarakat. Penelitian digitalisasi humanities ini penting antara lain menegaskan apakah pustakawan sudah menunjukkan fungsinya lebih dari memberikan pelayanan informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Umar Sidik, M.Pd. mendorong pustakawan untuk bersemangat dalam melaksanakan riset dengan mengangkat tema-tema di lingkungan kerja pustakawan. Beliau juga menyampaikan berbagai hal penting yang perlu diketahui oleh para pustakawan yang akan maupun yang sedang melakukan penelitan. Hal tersebut, antara lain berkaitan dengan alasan melakukan penelitian, masalah penelitian, metodologi, model best practice, dan sumber referensi riset. (Ist)

Share this post

Leave a Reply