PELAKSANAAN AUDIT MUTU EKSTERNAL TUV RHEINLAND DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

PELAKSANAAN AUDIT MUTU EKSTERNAL TUV RHEINLAND DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Layanan perpustakaan yang bermutu dan berstandar merupakan salah satu faktor penting dalam meraih kepuasan pemustaka. Untuk mengetahui taraf mutu layanan perpustakaan, maka perlu dilakukan Audit Mutu Eksternal (AME). Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Kamis, 9 Desember 2021, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Labibah Zain menerima auditor dari TUV Rheinland Indonesia, Bapak CH. Heru Subroto yang didampingi oleh Bapak Ahmad Nashif al Fikri dari LPM UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan AME ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pelaksanaan manajemen oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah sesuai dengan standar manajemen ISO 9001.
Selama di perpustakaan, auditor meninjau fasilitas perpustakaan yang tersedia di setiap lantai, dan berdialog dengan Kepala Perpustakaan dan para pengurus perpustakaan. Di akhir kegiatan AME, auditor menyampaikan bahwa beliau sangat terkesan dengan manajemen dan kegiatan layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga saat ini, dan berharap inovasi sistem layanan perpustakaan akan terus berkembang di masa yang akan datang.
Pelaksanaan Audit Mutu Eksternal oleh TUV Rheinland ini sangat esensial, antara lain untuk meningkatkan kinerja organisasi, meningkatkan branding organisasi, juga untuk menjamin mutu produk atau jasa yang dihasilkan. ISO 9001 menjadi pondasi yang dapat memperkuat organisasi dalam menghadapi persaingan, dan tantangan di era pesatnya perkembangan teknologi informasi dan industri. (Ist)

Share this post

Leave a Reply