PARTISIPASI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM THE 2ND INTERNATIONAL CONFERENCE OF INFORMATION AND KNOWLEDGE MANAGEMENT

PARTISIPASI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM THE 2ND INTERNATIONAL CONFERENCE OF INFORMATION AND KNOWLEDGE MANAGEMENT

Salah satu upaya dalam rangka pengembangan kompetensi pustakawan adalah dengan beperan serta dalam forum pertemuan ilmiah. Hal tersebut membentuk tacid knowledge pustakawan yang sangat penting untuk mendukung keunggulan organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, Baru-baru ini dua orang pustakawan UIN Sunan Kalijaga yaitu Anik Nur Azizah, dan Muhammad Habib telah berpartisipasi dalam program internasional i-IKM 2021 yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 24 – 26 juni 2021. Mereka berpartisipasi dengan mengirimkan karya tulisnya berjudul Online User Education: A Study on The Teaching Library Use in Pandemic Situation at UIN Sunan Kalijaga Library. Karya ilmiah mereka dinyatakan lolos seleksi sehingga berhak untuk dipresentasikan dalam forum tersebut. Bagi Anik dan Habib, keikutsertaan dalam ajang internasional ini merupakan yang pertama kali semenjak menjadi CPNS pada tahun 2020, dan semenjak bergabung dalam keluarga besar Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
Program i-IKM kedua atau The 2nd International Conference of Information and Knowledge Management diselenggarakan oleh Departement of Information Studies and Library Management, East West University, Dhaka, Bangladesh. Program tersebut diselenggarakan secara virtual dikarenakan kondisi covid-19. Peserta seminar berasal dari berbagai negara, antar lain Indoesia, Bangladesh, India, Nepal, Australia, USA, Afrika Selatan. Konferensi ini didesain untuk membangun pengetahuan baru di bidang Ilmu Perpustakaan dan informasi (Library and Information Science/LIS).
Konferensi ini bertujuan untuk mendesiminasi berbagai pengalaman berkenaan dengan keberadaan LIS, dan untuk menginformasikan tentang best pratice dalam hal manajemen informasi dan pengetahuan. Selain itu, untuk menyebarkan pengembangan yang update dari para ahli dan memberikan pemahaman mengenai peran informasi dan manajemen pengetahuan, inovasi dan literasi bagi perpustakaan yang berkelanjutan.
Dari konferensi internasional ini, Anik dan Habib mendapat kesan yang sangat luar biasa. Hal tersebut karena mereka berkesempatan berjumpa, berbagi pengetahuan,dan belajar berbagai hal-hal baru dengan para peserta dari berbagai negara. Melalui konferensi ini mereka juga semakin mengasah kemampuan dalam berbahasa asing secara aktif. Atas kesempatan yang diperoleh dalam ajang internasional ini, keduanya menghaturkan terima kasih tak terhingga atas bimbingan dan dukungan Ibu Kepala Perputakaan UIN Sunan Kalijaga, Dra. Labibah Zain, MLIS serta dukungan semua rekan-rekan pustakawan UIN Sunan Kalijaga. (Ist)

Share this post

Leave a Reply