LIBRARY PROJECTS IN STATE BANK OF PAKISTAN LIBRARY (International Talks: Visiting Librarians #6)

LIBRARY PROJECTS IN STATE BANK OF PAKISTAN LIBRARY (International Talks: Visiting Librarians #6)


“Library Projects in State Bank of Pakistan Library” merupakan topik dalam program International Talks: Visiting Librarians seri 6. Topik ini dipresentasikan oleh Mr. Arshad Mahmood, pustakawan di State Bank of Pakistan (SBP) sejak 2008. Dr. Nurdin Laugu, MA (s LIS Departement of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) selaku moderator webinar menyampaikan bahwa Mr. Arshad Mahmood menjabat sebagai direktur himpunan perpustakaan Pakistan, dan hasil karya ilmiahnya berupa 12 paper riset, yang telah submit dan dipresentasikan di seminar dan workshop internasional di berbagai negara, selain itu beliau juga berpartisipasi di IFLA sebagai anggota terpilih salah satu komite IFLA.

State Bank of Pakistan (SBP) di bawah undang-undang Bank Negara Paskistan 1956 yang berfungsi sebagai bank Negara. Perpustakaan SBP berdiri tahun 1949. Perpustakaan melayani lebih 5000 anggota dari SBP, bank-bank komersial, perusahaan swasta dan umum, perusahaan asuransi, media, dan sejumlah sekolah bisnis. Perpustakaan mengelola beragam sumber informasi utk pemustakanya mencakup buku2, laporan teknis, jurnal, majalah, surat kabar, CD/DVD, and database online. Pengembangan koleksi perpustakaan berfokus pada subyek ekonomi, perbankan, keuangan, dan perdagangan. Namun literature disiplin ilmu2 umum lainnya, seperti teknologi, hukum, politik, agama, juga dikelola.

Visi perpustakaan SBP adalah menjadi pusat penelitian bagi semua komunitas bank Pakistan. Perpustakan menjamin koleksi perpustakaan selalu dalam kondisi baik, semakin beragam dan luas, serta kualitas mendunia. Misi perpustakaan SBP adalah mensejahterakan kehidupan dengan mendukung kebutuhan informasi dan kebutuhan intelektual melalui layanan dan sumber informasi yang bermutu tinggi. Untuk mencapai misi tersebut, maka perpustakaan harus: 1. Memperoleh, mengorganisasikan sumber-sumber informasi dan mengelola sumber informasi yang sesuai. 2. Menyediakan layanan dan fasilitas untuk menjangkau pengetahuan yang mengarah pda pembelajaran independent.3. mengembangkan dan mengelola fasilitas yg kondusif utk studi dan riset.

Sumber-sumber perpustakaan SBP terdiri dari online resources, dan print resources. Online resources meliputi: antara lain: IMF e-library, World Bank e-Library, New Palgrave Dictionary of Economics Online, database e jurnal. Koleksi tercetak meliputi: koleksi monograp, dan periodeical. Layanan perpustakaan meliputi: orientasi servis, OPAC, layanan reference, peminjaman, SDI, inter-library loan services, pengiriman dokumen, current awareness services.

Library project meliputi, antara lain: pengembangan audio visual, implementasi pengaman perpustakaan, implementasi system barcode, digitalisasi sumber2 perpustakaan, memperkuat website perpustakaan, weeding koleksi rusak, survey pembaca perpustakaan, pengembangan bagian tesis dan desertasi, dan pengembangan repository ebook publikasi professional.

Program yang berlangsung 14 Juni 2021 ini dibuka oleh Sri Astuti MIP, pustakawan UIN Sunan Kalijaga (Koordinator Bidang Layanan Pemustaka). Di akhir webinar, Mu Suk Oh, Pustakawan Korea (Past President of SLA Asia) menyampaikan pidato penutupan. Adapun Asri Yuna bertindak sebagai pembawa acara, dan Language Interpreter selama webinar berlangsung adalah Ragil, relawan PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program ini ditayangkan secara live melalui channel Youtobe @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply