Congratulations to Labibah Zain, MLIS and Wahyani, MIP for the Achievement!

Congratulations to Labibah Zain, MLIS and Wahyani, MIP for the Achievement!

Seluruh Keluarga Besar Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga turut gembira atas terpilihnya Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS, sebagai Pengurus International Federation of Library Association (IFLA) Asia Oceania. IFLA merupakan asosiasi perpustakaan internasional yang didirikan pada tahun 1927 di Edinburgh, Scothland. Asosiasi ini beranggotakan 1500 anggota dari 150 lebih negara. Tujuan didirikannya IFLA adalah untuk mempromosikan standar ketentuan yang tinggi dan penyebaran layanan perpustakaan dan informasi, mendorong penyebarluasan pemahaman tentang nilai-nilai kebaikan dari perpustakaan dan layanan informasi, serta untuk mewakili kepentingan anggotanya di seluruh dunia.

IFLA berkomitmen untuk memungkinkan semua anggota terlibat dalam aktivitas dan mendapat keuntungan dari aktivitas tersebut tanpa memandang kewarganegaraan, disabilitas, asal etnis, gender, lokasi geografi, bahasa, ras, dan agama. Adapun Asia and Oceania section merupakan salah satu dari dari 45 seksi di IFLA yang mempromosikan dan memfasilitasi pengembangan perpustakaan, layanan informasi, dan profesi perpustakaan dalam lima sub regional Asia dan Oseania yaitu Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur dan Oceania. Seksi ini bekerjasana dengan seksi regional lainnya dan semua seksi IFLA. Aktifitas inti seksi ini adalah melaksanakan pengembangan melalui program-program perpustakaan.

Selain pencapaian oleh Ibu Labibah, pencapaian juga diraih oleh Wahyani, S.Ag., MIP Pustakawan UIN Sunan Kalijaga. Beliau berhasil meraih juara harapan II pustakawan berprestasi terbaik tingkat DIY Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Program yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya mengapresiasi peran serta pustakawan, karya dan inovasi pustakawan dalam penyelenggaraan perpustakan ini diikuti oleh para pustakawan dari berbagai jenis perpustakaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik 2021 dilaksanakan secra berjenjang mulai dari tingkat daerah/provinsi hingga tingkat nasional. Aspek penilaian peserta meliputi komponen portopolio, kognitif, dan wawancara dan presentasi karya ilmiah. Informasi detail berkaitan lomba pustakawan berprestasi terbaik tingkat DIY ini diunduh di http://dpad.jogjaprov.go.id/article/news/vieww/terbaik-inilah-5-pustakawan-berprestasi-terbaik-diy-2021-1950. (Ist)

Share this post

Leave a Reply