TUTORIAL PENGGUNAAN REFERENCE MANAGER ZOOTERO (Live IG perpusuinyogyakarta)

TUTORIAL PENGGUNAAN REFERENCE MANAGER ZOOTERO (Live IG perpusuinyogyakarta)

Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu kegiatan akademik yang seyogyanya dapat dilakukan dengan baik oleh para sivitas akademika. Sitasi dan bibliografi merupakan beberapa aspek dalam penulisan karya ilmiah yang adakalanya menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penyusunannya, terlebih lagi bila jumlah referensi yang digunakan cukup banyak. Untuk mempermudah sivitas akademika dalam menyusun atau mengatur referensi seperti dalam menyusun footnote dan bibliografi maka diperlukan reference manager, antara lain zootero yang merupakan aplikasi opensource, tidak berbayar, dapat dikembangkan serta dapat diakses online maupun offline.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada hari Kamis, 3 Juni 2021, pukul 13.00 WIB dilaksanakan tutorial penggunaan zootero sebagai reference tools secara live melalui sosmed IGperpusuinyogyakarta. Acara ini dipandu oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga, yaitu Muh. Habib dan Anik Nur Azizah. Muh. Habib memandu dan menjelaskan mulai bagaimana cara menginstalasi aplikasi zootero hingga bagaimana prakteknya dalam penulisan karya ilmiah. Fasilitas dari zootero ini, antara lain mempermudah dalam pencantuman footnote tanpa menuliskannya secara berulang, mempermudah menyimpan metadata artikel online secara otomatis, baik berupa ebook maupun ejurnal, serta mempermudah pencarian referensi melalui DOI, maupun ISBN dengan jaringan online.

Dari tutorial penggunaan zootero ini diharapkan sivitas akademika dan pihak lain yang memiliki atensi terhadap aplikasi reference tool ini dapat memahami dengan baik tentang zootero dan dapat menyusun referensi penulisan dengan mudah, efektif dan efisien. Live IGperpusuin yogyakarta ini dijadwalkan untuk selalu hadir pada hari Kamis dengan berbagai topik yang berbeda. Para pemustaka dapat mengakses kembali tutorial penggunaan zootero ini melalui channel youtube @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply