ROAD SHOW SOSIALISASI WEBOMETRICS OLEH WAKIL REKTOR I DAN KEPALA PTIPD DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

ROAD SHOW SOSIALISASI WEBOMETRICS OLEH WAKIL REKTOR I DAN KEPALA PTIPD DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Webometrics merupakan pemeringkatan web universits di dunia. Webometrics dapat menunjukkan kepada masyarakat dunia tentang kualitas dan kuantitas aktivitas ilmiah para akademisi suatu universitas melalui websitenya.  Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada hari Kamis 20 Mei 2021 telah dilaksanakan kegiatan road show Sosialisasi Meningkatkan Peringkat Webometric di linkungan UIN Sunan Kalijaga.

Road show yang kali ini dilaksanakan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang diikuti oleh Kepala Perpustakaan, dan semua pustakawan UIN Sunan Kalijaga. Pemaparan mengenai webometrics ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Iswandi Syahputra, M.Si, dan Kepala PTIPD Ir. M. Taudiq Nuruzzaman, ST., M.Eng, Ph.D. Melalui kegiatan ini, pihak universitas yang berupaya meningkatkan awareness seluruh pustakawan mengenai pentingnya webometrics bagi institusi UIN Sunan Kalijaga, dan mendorong setiap pustakawan UIN Sunan Kalijaga untuk meningkatkan partisipasinya dalam menghasilkan konten-konten positif baik berupa karya ilmiah  maupun karya popular melalui blog maupun web yang terkoneksi dengan website UIN Sunan Kalijaga.

Dalam pemaparannya Wakil Rektor I menyampaikan mengenai kriteria peringkat webometrics meliputi presence, visibility, transparency/openness, dan excellence/scholar. Beberapa upaya yang dilaksanakan oleh pihak universitas dalam meningkatkan visibility, yaitu: mewajibkan setiap unit kerja di UIN Sunan Kalijaga wajib memiliki admin web, melaksanakan pelatihan khusus manajemen konten untuk admin web, dan aktivasi backlink bagi semua aktivitas transaksi komunikasi elektronik dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa. Untuk meningkatkan transparency dilakukan upaya yaitu mewajibkan bagi dosen dan tendik untuk memiliki akun google scholar, dan kewajiban mempublikasikan karya ilmiah melalui google scholar. Sedangkan untuk meningkatkan scholar antara lain dengan meningkatkan publikasi artikel SCOPUS, menambah jumlah jurnal terindikasi SCOPUS, dan authorship artikel publikasi SCOPUS.

Pada sesi selanjutnya, Kepala PTIPD UIN Sunan Kalijaga memaparkan lebih detail mengenai backlink dan beberapa upaya untuk meningkatkan backlink http://www.uin-suka.ac.id. Dijelaskan pula bahwa upaya yang perlu dilakukan agar google scholar berkontribusi optimal dalam pemeringkatan web universitas, antara lain dengan penggunaam akun email UIN. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa para penulis perlu mencermati SCOPUS profile, antara lain permasalahan merge author yang dapat mempengaruhi tingkat sitasi artikel ilmiah. Memantau kondisi webometric penting dilakukan untuk memastikan bahwa aktivitas akademik di lingkunagn UIN Sunan Kalijaga masih berjalan sesuai yang diharapkan. (Ist)

Share this post

Leave a Reply