ROADSHOW SOSIALISASI PROGRAM DAN AKSES PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

sosialisasi e-resources 2018

ROADSHOW SOSIALISASI PROGRAM DAN AKSES PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan bagian integral universitas dalam mewujudkan World Class University dalam Bidang Kajian Keislaman. Oleh karena itu, aksesibilitas ke sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan menjadi hal yang sangat penting. Perpustakaan berupaya mendukung universitas dengan menyediakan beragam sumber informasi dalam bentuk tercetak dan elektronik bagi para sivitas akademika, baik dosen, mahasiswa, peneliti, pustakawan, maupun karyawan. Keberadaan sumber-sumber informasi terutama sumber informasi elektronik (e-resources) tersebut menjadi hal yang sangat penting agar para akademisi memperoleh hasil riset yang bermutu dan diakui secara internasional. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan perpustakaan tidak hanya dapat diakses secara fisik, tetapi juga secara maya. Dengan demikian, pemustaka memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengakses perpustakaan kapan pun dan dari mana pun, tidak terbatas oleh jam buka/tutup layanan perpustakaan. Meskipun demikian, masih banyak sivitas akademika yang belum berperan aktif dalam mengakses sumber-sumber informasi yang telah tersedia. Hal ini barangkali karena minimnya informasi yang sampai ke sivitas tentang keberadaan sumber informasi yang baru di perpustakaan. Selain itu, kendala ini juga disebabkan oleh masih kurangnya kesadaran akan pentingnya sumber informasi untuk mendukung karir mereka, keengganan untuk bersentuhan dengan sarana teknologi informasi, dan lain-lain.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga perlu melakukan sosialisasi terkait akses perpustakaan dan sumber-sumber informasi kepada para sivitas akademika, terutama kepada para dosen. Sosialisasi ini berupa roadshow yang dilakukan ke seluruh fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Roadshow yang dipimpin oleh Kepala Perpustakaan , Dra. Labibah Zain, MLIS. Menurut Labibah, maksud dan tujuan roadshow adalah untuk (1) sosialisasi program dan akses Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga; (2) sosialisasi perpustakaan sebagai perpustakaan deposit terkait dengan repositori institusi; (3) sosialisasi peran fakultas dan prodi dalam pengembangan koleksi; dan (4) sosialisasi pentingnya literasi informasi dalam mendukung riset. Selain itu, Kegiatan roadshow ini juga dilakukan sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi, dan memperlancar komunikasi antara perpustakaan dengan pihak akademisi sehingga program-program perpustakaan dapat dipahami dengan lebih baik, partisipasi akademisi terutama dosen dalam program perpustakaan lebih meningkat, dan aksesibilitas layanan sumber-sumber informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dapat lebih optimal.

Kegiatan roadshow dilaksanakan selama bulan Januari 2018 ini dengan jadwal sebagai berikut:

  • Senin, 2 Januari 2018 : Fak. Syariah dan Hukum
  • Senin, 8 Januari 2018 : Fak. Adab dan Ilmu Budaya
  • Rabu, 10 Januari 2018 : Fak. Ilmu social dan Humaniora
  • Jumat, 12 Januari 2018 : Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Selasa, 16 Januari 2018 : Fak. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Rabu, 17 Januari 2018 : Fak. Ushuluddin
  • Selasa, 23 Januari 2018 : Fak. Dakwah
  • Selasa, 30 Januari 2018 : Fak. Sains dan Teknologi

Secara umum pihak fakultas cukup antusias dengan program roadshow ini. Mereka berharap agar kegiatan ini menjadi agenda rutin sehingga fihak fakultas dapat mengetahui dengan jelas perkembangan dan informasi terbaru yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.(Ist)

Share this post

Leave a Reply