FASILITAS MPS (MULTI PURPOSE STATION) VERSI BARU UNTUK LAYANAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

FASILITAS MPS (MULTI PURPOSE STATION) VERSI BARU UNTUK LAYANAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

FASILITAS MPS (MULTI PURPOSE STATION) VERSI BARU UNTUK LAYANAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu perpustakaan perguruan tinggi yang cukup cepat dalam merespon perkembangan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan dipandang sangat mendukung dalam diseminasi dan aksesibilitas informasi bagi pemustaka, di samping meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan. Berkaitan dengan hal tersebut, serta untuk meningkatkan kenyamanan pemustaka dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan, khususnya dalam hal transaksi peminjaman koleksi, maka pada tanggal 3 November 2017 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga meluncurkan fasilitas berupa MPS ( Multi Purpose Station) dengan program baru. MPS baru yang diletakkan di lantai tiga perpustakaan ini menggantikann MPS lama yang programmnya sudah tidak kompatibel.

Multi Purpose Station (MPS) merupakan suatu sistem layanan di perpustakaan yang merupakan produk andalan dari pengembangan software dibidang perpustakaan yang dikenal dengan ELIMS atau Electronic Library Management System. Software yang berbasis RFID (Radio Frequency Identification)  ini memungkinkan para pemustaka untuk melakukan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka secara mandiri. Fungsi dari MPS yaitu sebagai tag identifikasi hingga dapat dikembangkan sebagai identifikasi koleksi bahan pustaka dalam proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Kelebihan dari MPS baru ini diantaranya:

  1. Inputnya memiliki memiliki dua cara input barcode ID mahasiswa, yaitu dapat membaca barcode mahasiswa, dan finger print.
  2. Teknologi RFID terbaru
  3. Terdapat fitur rekaman foto transaksi
  4. Transaksi lebih cepat

Instalasi MPS baru dilakukan oleh tim SI Perpustakaan UIN Sunan Kaliijaga, yaitu: Edi Prasetya, S.Kom, Fatchul Hijrih, S.Kom, Yazid Fuadi, SIP, dan . Tim ini melaksanakan tugasnya di bawah Koordinator Bidang Sistem Informasi Drs. Bambang Heru Nurwoto. Selain instalasi MPS baru, instalasi juga dilakukan untuk 20 unit personal computer (PC) yang berfungsi sebagai work station. Melalui sarana yang terletak di lantai dua hingga lantai empat ini pemustaka yang tidak membawa laptop dapat mengerjakan tugas-tugas mereka dengan mudah dan nyaman. (Ist/Pur)

Share this post

Leave a Reply