PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN 2018

PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN 2018

PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN 2018

Selama 2 hari, dari tanggal 8 – 9 Januari 2018 dilakukan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa part-time perpustakaan 2018. Ke-13 orang peserta kegiatan pembekalan ini merupakan hasil seleksi mahasiswa part-time yang dilakukan pada bulan Desember 2017. Mereka terdiri dari mahasiswa aktif strata sarjana dan pascasarjana dalam berbagai program studi di UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan pembekalan dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya keterlibatan semua mahasiswa part-time dalam memperalancar dan meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Peningkatan mutu layanan perpustakaan dilaksanakan dengan menerapkan manajemen kreatif dalam rangka aksesibilitas sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan serta untuk mewujudkan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sebagai bagian integral UIN Sunan Kalijaga world classs university di bidang studi Islam. Kepala Perpustakaan juga menyampaikan bahwa mahasiswa part-time perpustakaan berperan sebagai duta dalam rangka mewujudkan visi dan misi perpustakaan, serta turut mempromosikan program perpustakaan.

Kegiatan pembekalan ini bertujuan agar para peserta memiliki pemahaman yang baik tentang sistem layanan perpustakaan, peraturan dan tata tertib yang berlaku, mampu memberi pelayanan yang baik kepada pemustaka, dan mampu mengoperasikan peralatan teknologi informasi yang ada. Dalam kegiatan pembekalan, para peserta memperoleh materi yang disampaikan oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga, yaitu Sri Astuti, MIP, Drs. Bambang Heru Nurwoto, dan Dra. Nor’aini Hadna, M.Pd. Materi yang disampaikan berkaitan dengan pengenalan perpustakaan, sistem informai Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, sistem klasifikasi koleksi perpustakaan, dan keterampilan sosial. Setelah mengikuti kegiatan pembekalan, mahasiswa part-time perpustakaan 2018 akan bertugas selama satu tahun yang berfokus pada kegiatan shelving koleksi perpustakaan, dan beberapa kegiatan layanan pemustaka lainnya. (Ist)

Share this post

Leave a Reply