Mahasiswa Parttime Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga 2017 Dan Kegiatan Pembekalan

Mahasiswa Parttime Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga 2017 Dan Kegiatan Pembekalan

Pada tahun 2016 ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan seleksi tenaga parttime perpustakaan. Dari puluhan pendaftar yang mengikuti seleksi pada tanggal 29 November 2016 yang lalu, sejumlah 13 orang mahasiswa dinyatakan lolos seleksi dan ditetapkan sebagai tenaga parttime perpustakaan periode 2017.  Mereka terdiri dari mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dari berbagai jurusan dan program studi.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, para mahasiswa parttime diharuskan mengikuti pembekalan yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 13 dan 14 Desember 2016. Pada hari pertama pembekalan, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah, MLIS berkesempatan memberi pengarahan, penjelasan dan motivasi bagi seluruh peserta. Selain itu, peserta memperoleh materi tentang sosial skill, pemahaman klasifikasi, penelusuran informasi, serta praktek shelving koleksi. Materi tersebut disampaikan oleh para pustakawan Ibu Wahyani, Ibu Sri Astuti, Ibu Ida Hadna, dan Ibu Sri Lestari.

Pembekalan ini penting agar para mahasiswa parttime yang akan mengawali tugasnya pada bulan Januari 2017 ini dapat mengetahui dengan jelas apa tugas mereka, apa yang harus dilakukan selama bertugas sebagai parttime perpustakaan, dan dapat menjalin kerjasama yang baik dan erat sebagai sebuah tim work.  Selain sebagai mitra kerja pustakawan, mahasiswa parttime  dapat menjadi sarana promosi perpustakaan,  turut menyuarakan program-program perpustakaan sehingga menjadikan pemustaka semakin akrab dan  semakin dekat dengan perpustakaan. Melalui koordinasi yang baik, mahasiswa parttime akan dapat mendukung layanan prima Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. (ist)

 

Share this post

Leave a Reply