IBU SRI LESTARI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA JUARA III INDONESIAN ACADEMIC LIBRARIAN AWARD (IALA) TINGKAT NASIONAL FPPTI

IBU SRI LESTARI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA JUARA III INDONESIAN ACADEMIC LIBRARIAN AWARD (IALA) TINGKAT NASIONAL FPPTI

Dalam ajang Pemilihan Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2021 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (PPTI), Ibu Sri Lestari, SIP, MIP Pustakawan UIN Sunan Kalijaga yang mewakili Propinsi DIY di tingkat nasional berhasil meraih juara III. Seleksi IALA di tingkat Propinsi DIY telah dilaksanakan pada bulan September yang lalu, dan Ibu Sri Lestari berhasil menjadi juara I.

Dalam ajang yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Oktober tersebut, Ibu Sri Lestari mempresentasikan salah satu  inovasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga di era pandemi covid 19. Inovasi tersebut adalah aplikasi Sicarik dengan  menitikberatkan peran pustakawan khususnya di bagian layanan sirkulasi. Aplikasi Sicarik berfungsi utk mengetahui tanggungan perpustakaan yang dimiliki oleh pemustaka, seperti tanggungan pinjaman buku sirkulasi maupun koleksi tugas akhir yang belum kembali. Layanan Sicarik muncul dari adanya beragam permasalahan pemustaka di masa pandemic, dan adanya hambatan di sisi pustakawan dalam merespon permasalahan yang ada secara cepat, efektif dan efisien. Sicarik merupakan solusi untuk mengatasi persoalan yang dihadapi pemustaka dan pustakawan di atas.

Ajang final IALA yang diselenggarakan secara daring melalui zoom ini menempatkan Universitas Muhammadiyah Malang (Jawa Timur) sebagai juara I, dan Universitas Katolik Atmajaya (DKI) sebagai juara II. Keberhasilan Sri Lestari dalam ajang lomba ini didukung sepenuhnya oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Ibu Labibah, MLIS dan dukungan rekan-rekan pustakawannya lainnya, khususnya tim TI. Ibu Sri Lestari yang saat ini bertugas sebagai koordinator layanan sirkulasi berharap dari pengalamannya mengikuti kompetisi pustakawan ini dapat memotivasi rekan-rekan pustakawan lainnya untuk selalu berusaha secara optimal mengembangkan kompetensinya dan dalam mengembangkan berbagai inovasi perpustakaan. Informasi lebih detal terkait partisipasi Ibu Sri Lestari dalam ajang IALA tahun 2021 ini dapat disaksikan melalui tayangan TV IG@perpusuinyogyakarta, dan channel youtobe @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply