MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, UIN RADEN PALEMBANG, DAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG MAGANG DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, UIN RADEN PALEMBANG, DAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG MAGANG DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kopetensi yang memadai, tidak hanya didukung dengan belajar teori saja tetapi juga harus didukung dengan melakukan praktik kerja langsung di lapangan. Hal ini akan membuat belajar teori dan kerja praktik akan menjadi seimbang dan memberikan pengalaman kerja nyata bagi mahasiswa. Dalam bulan Juli ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah menerima 10 orang mahasiswa magang dari tiga Universitas, yaitu Universitas Air Langga (UNAIR), UIN Palembang, dan Universitas Negeri Malang (UM).

Dua orang mahasiswa magang dari Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR), yaitu Bunga Firda Nur Amalia dan Lusi Indah Lestari. Mereka melaksanakan magang dari tanggal 1 Juli s.d 30 Juli 201. Empat orang mahasiswa dari S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Pandiga Sabillarosyad, Oky Yuda Pratama, M. Nor Alif Widiastoko, dan Hasyim Dwi Irwanto. Mereka magang dari tangal  25 Juni  s.d 16 Agustus 2019. Sedangkan empat orang mahasiswa magang dari S1 Ilmu Perpustakaan UIN Palembang yaitu Rozali Kholid, Yusril Aziz, Sari Puspita S., dan Vanissalarasati, Mereka melaksanakan magang dari tanggal 17 Juni s.d. 12 April 2019.

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa magang untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang ada di perpustakaan serta melaksanakan kegiatan di semua unit layanan secara terjadwal dan dibimbing oleh kordinator layanan. Dengan adanya magang di perpustakaan para mahasiswa dapat mengembangkan wawasan dan memperoleh pengalaman terkait dunia kerja. Mereka juga mendapat tugas untuk menyusun laporan praktek kerja lapangan yang mengandung unsur pengembangan dalam layanan perpustakaan. Laporan yang disusun secara berkelompok tersebut  dipresentasikan pada akhir masa magang di hadapan pimpinan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.(Ist)

 

Tujuan dari adanya PKL di perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu membina hubungan baik antara mahasiswa dengan pepustakaan, untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, menambah pengalaman kerja serta belajar secara praktis dan bukan secara teoritis.

Kami berharap perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta semakin berkembang dalam segi pelayanan dan teknis. Dan juga banyak lembaga atau organisasi yang ingin bekerjasama dengan perpustakaan Uin Sunan Kalijaga. (Bunga, Lusi)

 

Share this post

Leave a Reply