Kepala Perpustakaan UIN Sunan Lalijaga, dra. Labibah Zain, MLIS mengikuti program INDOEDUC4ALL

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Lalijaga, dra. Labibah Zain, MLIS mengikuti program INDOEDUC4ALL

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Lalijaga, dra. Labibah Zain, MLIS mengikuti program INDOEDUC4ALL

Pada tanggal 7-10 oktober 2017, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dra. Labibah Zain, MLIS mengikuti program INDOEDUC4ALL Ensuring Access and Quality Education for Students with Disabilities di Atena dan Piraeus Yunani. Keterlibatan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini merupakan buah Kerjasama antara Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga dengan Project Erasmus Eropa dalam menginisiasi aksesibiltas pendidikan penyandang difabel di Indonesia. Rofah, Ph.D, founder sekaligus inisiator program ini memandang penting keterlibatan perpustakaan dalam menyukseskan aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa penyandang disabilitas.

Sedangkan staff Sistem Informasi (SI) Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Fatchul Hijrih, S.Kom menghadiri workshop di Glasgow Caledonian Scotland Inggris pada tanggal 11 -14 Oktober 2017 untuk mengikuti program yang sama sebagai kelanjutan dari Program INDOEDUC4ALL di Yunani. Kegiatan tersebut merupakan workshop assistive teknologi untuk layanan difabel yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa berkebutuhan khusus.

Semenjak tahun 2011 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah berpartisipasi dan mendukung kemudahan aksesibilitas layanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (difabel), yaitu dengan menyediakan fasilitas berupa Difabel Corner (DC) yang dilengkapai dengan berbagai sarana adaptif. Keberadaan DC di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang dirintis dan disupport oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) yang saat ini dipimpin oleh Dr. Arif Maftukhin, menunjukkan peran perpustakaan yang penting dalam mendukung aksesibilitas ke sumber-sumber informasi di perpustakaan untuk keberhasilan studi para mahasiswa difabel, antara lain dengan penyediakan sarana adaptif seperti buku elektronik.

Share this post

Leave a Reply