Ranking WEB Repository (WEBOMETRICS)

Ranking WEB Repository (WEBOMETRICS)


Ranking WEB Repository (WEBOMETRICS)

Publikasi melalui website bagi lembaga perguruan tinggi merupakan salah satu cara komunikasi baik formal maupun informal yang mampu menjangkau banyak kalangan luas. Melalui website  terutama repository digitalnya, perguruan tinggi menawarkan akses atau keterbukaan akses pada pengetahuan ilmiah dan publikasi ilmiah dalam format elektronik kepada masyarakat, baik dosen, mahasiswa, peneliti, institusi lain serta kepada pihak-pihak lain seperti para stakeholder ekonomi, industri, politik, dan budaya.

web repository

Pemeringkatan atau webometrik oleh lembaga oleh The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIS) di Spanyol dimaksudkan untuk menunjukkan keluasan atau keterjangkauan akses repositori digital suatu perguruan tinggi  dengan indikator webnya antara lain berupa visibilitas global, size, rich file dan impact repository ilmiah. Penanggung jawab institusi atau universitas harus mempertimbangkan kebijakan webnya, mempromosikan peningkatan volume dan kualitas publikasi elektroniknya agar dapat berada di posisi (rangking webometrik) sesuai dengan kualitas atau keunggulan institusinya.

Terkait dengan rangking webometrik repositori ini, pada periode bulan Agustus 2013 digital library UIN Sunan Kalijaga berada di posisi 5 se-Indonesia, posisi 8 se-Asia Tenggara, posisi 27 se-Asia dan posisi 314 dunia (http://repositories.webometrics.info/en/Asia/Indonesia). Posisi ini merupakan peningkatan dari posisi 10 wilayah Indonesia pada waktu sebelumnya. Perubahan peringkat ini berkaitan dengan meningkatnya volume aktivitas digitalisasi berbagai karya ilmiah para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga pada beberapa waktu terakhir ini. Melalui peningkatan kuantitas dan kualitas institusional repositori digital ini diharapkan akan memperluas akses ke publikasi ilmiah UIN Sunan Kalijaga dalam format digital kepada masyarakat akademik di wilayah nasional maupun internasional.

Share this post

Leave a Reply