Informasi dan Promosi Perpustakaan

Bagian informasi

Informasi dan Promosi Perpustakaan

Informasi dan Promosi Perpustakaan

Bagian informasi

Layanan informasi, promosi dan kerjasama terletak di lantai 1. Layanan ini meliputi:

A.  Information Desk
Layanan ini memberikan informasi berbagai layanan serta fasilitas yang ada di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.  Informasi-informasi terkini tentang perpustakaan juga dapat diperoleh di account twitter @uinjogjalib atau FanPage Perpustakaan.

B.  Layanan Pembuatan KTA
Syarat-syarat menjadi anggota Perpustakaan diatur sebagai berikut :
1)    Mahasiswa universitas otomatis menjadi anggota.
2)    Dosen dan pegawai universitas :

•    Menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku.
•    Menyerahkan pas photo terbaru ukuran 2X3 sebanyak 1 lembar.

C.  Layanan Kartu Baca
Kartu baca diberikan kepada pemustaka dari luar UIN Sunan Kalijaga dengan fasilitas baca di tempat dan fotokopi koleksi. Pemustaka yang berminat dapat menghubungi bagian Informasi dengan biaya administrasi sebesar Rp. 3.000,00 (tiga ribu rupiah) per orang, perhari.

D.  Layanan kartu sakti
Kartu sakti dikeluarkan oleh Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). Anggota FKP2TN terdiri dari 60 Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Kartu ini diperuntukkan bagi civitas akademika anggota FKP2TN dengan fasilitas baca di tempat dan fotokopi koleksi.

E.  Sahabat Perpustakaan
Sahabat perpustakaan adalah komunitas yang beranggotakan civitas akademika yang memiliki kepedulian serta minat yang besar terhadap perpustakaan. Komunitas ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemustaka dan berbagai pihak di luar perpustakaan. Aktivitas sahabat perpustakaan antara lain membantu pelaksanaan kegiatan perpustakaan.

F.   Kerjasama Perpustakaan
Kerjasama antar perpustakaan yang telah dilaksanakan antara lain:

1.  FPPTI
Merupakan forum komunikasi dan kerja sama antar perpustakaan perguruan tinggi untuk memajukan perpustakaan perguruan tinggi. FPPTI ada di tingkat pusat dan tingkat daerah. Visi FPPTI adalah menjadi salah satu media bagi perpustakaan perguruan tinggi  untuk saling berbagi pengetahuan dan saling memberdayakan. Sebagai salah satu anggota FPPTI DIY, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sering berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk memberdayakan perpustakaan dan pemustaka anggota FPPTI.  Selain itu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga menjadi tempat kegiatan FPPTI seperti pelatihan literasi informasi bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pemustaka dapat menghubungi bagian informasi dan kerjasama untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh FPPTI DIY.

2.  Jogja Library for all
Merupakan jaringan beberapa perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah,  dan beberapa perpustakaan instansi pemerintah di DIY. Melalui program ini pemustaka dapat melihat katalog yang ada di perpustakaan anggota. Ada  21 perpustakaan yang telah bergabung dengan JLA. Keterangan lebih lanjut dapat diakses di  alamat  jogjalib.com

Share this post

Leave a Reply