PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PARTTIME PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022

PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PARTTIME PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022

Perpustakaan UIN Sunan Kaljaga selama ini menerapkan sistem layanan terbuka (open access). Sistem ini menuntut  agar jajaran koleksi di rak selalu terjaga, dan berurutan nomor klasifikasinya. Jajaran koleksi tersebut  merupakan salah satu sarana penelusuran atau access point untuk mendapatkan koleksi buku secara mudah, cepat dan tepat. Oleh karena itu, maka kegiatan penjajaran koleksi buku di rak atau shelving secara benar dan tepat harus dilakukan setiap saat agar jajaran koleksi dapat menjadi sarana penelusuran yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada tahun 2022 ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga kembali mengadakan kegiatan seleksi part time perpustakaan pada tanggal 15-16 Juni 2022. Hasil dari seleksi tersebut, 15 orang mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dinyatakan diterima sebagai mahasiswa part time Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Mereka terdiri terdiri dari lima orang mahasiswa Program Sarjana, dan sepuluh orang mahasiswa program Magister UIN Sunan Kalijaga.

Tugas mahasiswa part time perpustakaan adalah membantu kelancaran layanan perpustakaan khususnya di bagian shelving koleksi perpustakaan. Salah seorang mahasiswa part time perpustakaan merupakan mahasiswa difabel yang akan bertugas di bagian layanan Difabel Corner. Sebelum bertugas pada 1 Juli 2022, ke 15 orang mahasiswa part time mendapat pembekalan dari para Pustakawan yaitu Ibu Sri Astuti, Ibu Wahyani, Ibu Sri Lestari, dan Ibu Ismiyatin pada tanggal 27 -28 Juni 2022. Materi pembekalan, antara lain pengenalan layanan pemustaka, OPAC, digilib, website perpustakaan, e-database, dan praktek shelving koleksi. Setelah mengikuti pembekalan diharapkan mereka akan lebih memahami bidang pekerjaannya, terampil dan lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaanya. (Ist)

Share this post

Leave a Reply