PELATIHAN PATHFINDER ONLINE BAGI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA

PELATIHAN PATHFINDER ONLINE BAGI PUSTAKAWAN UIN SUNAN KALIJAGA

Pada hari Jumat, 27 Mei 2022, bertempat di ruang serbaguna lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, diselenggarakan Pelatihan Pathfinder Online bagi Pustakawan UIN Sunan Kalijaga. Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Labibah, MLib. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada masa ini pustakawan dituntut untuk selalu update terhadap perkembangan teknologi informasi yang terus berjalan dengan cepat. Anxiety terhadap teknologi di kalangan pustakawan dapat  mendorong mempercepat adaptasi layanan perpustakaan dengan teknologi baru. Pathfinder merupakan salah satu aplikasi baru yang penting diketahui dan dikuasai pengelolaanya oleh pustakawan. Pathfinder penting untuk memetakan subyek-subyek koleksi perpustakaan sebagai rintisan digital humanities.

Bapak Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP, M.Si, Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sebagai narasumber pelatihan menyampaikan bahwa pathfinder merupakan salah satu produk layanan perpustakaan yang penting sebagai bantuan referensi kepada pemustaka. Melalui pathfinder, pemustaka dipandu untuk mendapatkan berbagai informasi referensi dalam berbagai format yang berkaitan dengan subyek atau tema tertentu. Dengan pathfinder ini pustakawan dapat membantu  dalam menemukan informasi yang spesifik yang dicari oleh pemustaka.

Setelah memaparkan terkait aktifitas pengelolaan informasi di perputakaan, Bapak Anis Masruri memandu para peserta dalam melakukan tahapan-tahapan penyusunan pathfinder secara online. Dari pelatihan ini diharapkan pustakawan akan menjadi lebih terampil dalam menyusun pathfinder secara online dan meningkatkan mutu layanan referensi perpustakaan bagi pemustaka. (Ist)

Share this post

Leave a Reply