Living Collection Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Living Collection Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pluralisme dapat diartikan sebagai kemajemukan atau keberagaman. Sesungguhnya keberagaman ada dalam kehidupan kita, yang meliputi antara lain: keberagaman pemikiran, agama/keyakinan, suku dan  etnis. Keberagaman seyogyanya disikapi secara bijaksana, yaitu dengan menghargai keberagaman tersebut. Hal itu juga berarti tidak menyudutkan, atau berusaha untuk menyamakan pihak lain yang berbeda. Menghargai keberagaman juga bermakna mengakui keberadaan sesuatu itu berbeda, misalnya mengakui keberadaan agama atau keyakinan lain, di luar keyakinan kita.

Konsep keberagaman yang diterapkan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga terutama di kalangan sivitas akademika antara lain menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang yang berbeda baik dari segi agama, kondisi sosial, budaya maupun kondisi fisknya. Demikian sebagian penjelasan yang disampaikan oleh Dr. Phil. Al. Makin, S. Ag., M.A., Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam sesi wawancara oleh Isrowiyanti Pustakawan UIN Sunan Kalijaga, pada Hari Senin, 25 April 2022.

Wawancara tersebut dilaksanakan dalam rangka merintis Program Living Collection. Menurut Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dra. Labibah, MLIS,. Living Collection adalah layanan yang menyediakan koleksi live berupa person yang dapat memberikan informasi yang komprehensif berkaitan dengan subyek atau isu-isu tertentu untuk meminimalisir stigma yang mungkin timbul pada kelompok masyarakat tertentu. Living collection ini dapat diakses dengan berdialog secara langsung dengan tokoh-tokoh Living Collection yang berkaitan dengan suku, bangsa, kondisi fisik, kondisi sosial tertentu, selain berkaitan pemikiran-pemikiran para akademisi di perpustakaan.

Diharapkan Program Living Collection ini akan menjadi bagian integral UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus inklusif. Pemustaka dapat mengakses aktivitas wawancara dengan tokoh-tokoh Living Collection melalui canel youtobe Perpustakaan UIN Sunans Kalijaga @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply