SOSOSIALISASI DATABASE SCOPUS

SOSOSIALISASI DATABASE SCOPUS

Selasa, 15 Februari 2022 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Database Scopus. Narasumber kegiatan ini adalah Dwi Janto Suandaru, Marketing Manager PT. Jasaraya Tama Jaya Buana. Beliau bertanggung Jawab antara lain dalam mengembangan strategi marketing ejurnal, ebook, database dan RFID. Wakil Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Khusnul Khotimah dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada semua peserta untuk mengoptimalkan dan mengeksplorasi database Scopus yang dilanggan oleh perpustakaan dengan memaksimalkan akses Scopus dari tempat tinggal masing-masing.
Dalam kegiatan pelatihan ini, Bapak Dwi menyampaikan materi pengenalan scopus dan remote access. Scopus merupakan database yang dapat diakses dari dalam kampus tanpa username dan password. Pemustaka dari luar kampus harus mengaktifkan remote akses. Terdapat dua akses yg bisa digunakan, yaitu via remote akses dari luar kampus, dan via Ez proxy untuk akses dari dalam kampus. Para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dapat mengakses Scopus dengan remote akses yang prosedurnya dapat dilihat di https:// digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49298/
Scopus merupakan database terbesar untuk abstrak, sitasi, dan peer-review scientific literature, serta untuk mengetahui pemeringkatan, jadi Scopus bukan untuk akses fulltext artikel. Melalui Scopus, kita dapat mencari artikel terbaik tentang sebuah subyek penelitian, high citation, mengetahui trend penelitian yang terjadi, negara mana yang aktif melakukan penelitian, universitas mana yang bisa diajak berkolaborasi dalam riset, serta profesor yang dapat dihubungi untuk untuk berkolaborasi dalam suatu penelitian. Dengan mengakses Scopus, kita juga dapat mengetahui jumlah artikel persubyek yang ditulis oleh sivitas UIN Sunan Kalijaga.
Database Scopus mencakup 22.000 judul dari 5.000 penerbit internasional yang berasal dari 105 negara, 61 jura record, 24 juta paten yang semua diseleksi oleh Content Selection and Advisory Board (CSAB) dari scopus. Lebih dari 3000 customer di seluruh negara menggunakan scopus, untuk mendapatan referensi, dan sitasi. Konten scopus meliputi lebih dari 21 ribu jurnal, prosiding konferensi, books review, paten yang semua diupdate harian. Jurnal komprehensif mencakup berbagai judul dari banyak penerbit dan akademisi yang bereputasi seperti Elsevier, Springer, Wiley, dan Taylor & Francis.
Kegiatan Sosialisasi Database Scopus yang dipandu oleh Anik Nur Azizah ini diselenggarakan secara online melalui zoom. Lebih kurang 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dapat diikuti secara lengkap melalui tayangan di Youtube Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply