Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan bagi Mahasiswa Part Time

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan bagi Mahasiswa Part Time

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan bagi Mahasiswa Part Time

Pada tanggal 6 – 7 Februari 2018, bertempat di ruang serba guna Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa part time 2017 yang telah mengakhiri masa tugasnya pada bulan Desember 2017. Menurut Kobid Layanan Pemustaka, Sri Astuti, kegiatan ini sangat penting untuk membekali mereka tentang pengelolaan perpustakaan yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam rangka turut mencerdaskan masyarakat melalui perpustakaan maupun taman bacaan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama diisi dengan materi tentang Pengembangan Koleksi oleh Ibu Ida Nur’aini Hadna, materi Klasifikasi, dan Katalogisasi oleh Ibu Khusnul Khotimah dan Ibu Irhamni. Pada hari kedua disampaikan materi berupa aplikasi SLIM AKASIA oleh Bapak Miftahul Yazid Fuadi. Menurut Nurrohman, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting mengingat banyak mahasiswa parttime yang bukan berlatar belakang pendidikan Ilmu Perpustakaan. Selama menjadi mahasiswa part time, mereka te;ah terlatih dan sangat mahir dalam melaksanakan kegiatan shelving koleksi perpustakaan, namun belum memahami proses pengelolaan koleksi perpustakaan secara lengkap dan mendetail.

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat memahami bahwa ternyata sebuah buku akan melalui proses pengelolaan yang cukup panjang sebelum tersaji dan dinikmati oleh para pemustaka. Nurrohman juga berharap hasil pelatihan ini dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Mewakili kawan-kawannya ia menyampaikan ungkapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Kepala Perpustakaan, dan bapak ibu Pustakawan UIN Suka yang telah menyelenggarakan dan memfasilitasi kegiatan tersebut. (Ist)

Share this post

Leave a Reply