SEREMONI PISAH SAMBUT MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

SEREMONI PISAH SAMBUT MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

SEREMONI PISAH SAMBUT MAHASISWA PART-TIME PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Tanggal 24 Januari 2018 merupakan momen yang penting bagi Sahabat Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Pada hari itu secara seremonial ke-13 orang sahabat perpustakaan mengakhiri masa bhaktinya sebagai mahasiswa part-time perpustakaan periode 2017. Tongkat estafet perjuangan mereka dilanjutkan oleh ke-15 orang sahabat perpustakaan lainnya sebagai part-time yang akan bertugas selama periode 2018 ini. Seremonial perpisahan mahasiswa part-time perpustakaan 2017 dan penyambutan mahasiswa part-time 2018 menjadi salah satu agenda utama dalam rapat umum perpustakaan yang dihadiri oleh Kepala dan seluruh staf Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS menyampaikan bahwa mahasiswa part-time perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung layanan prima perpustakaan. Selain itu, mereka juga menjadi duta perpustakaan yang mempererat perpustakaan dengan pemustaka, mempromosikan, serta turut mensukseskan program-program perpustakaan. Menjadi mahasiswa part-time perpustakaan merupakan kesempatan untuk mengembangkan soft skill yang berkaitan dengan cara bersikap dan berkomunikasi, serta bagaimana menjalin kerjasama yang baik dengan sesama mahasiswa part-time maupun dengan pustakawan.

Ibu Labibah mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih yang tiada terhingga kepada mahasiswa part-time perpustakaan periode 2017 yang telah mengabdi dengan sepenuh hati. Beliau berharap pengalaman yang didapatkan selama menjadi part-time perpustakaan dapat menjadi bekal dalam meraih sukses di masa depan. Sedangkan kepada part-time baru 2018 Kepala Perpustakaan memotivasi untuk selalu kompak dan solid dalam kondisi apapun. Beliau berharap mahasiswa part-time baru dapat menimba pengalaman dari mahasiswa part-time lama sehingga dapat lebih mempersiapkan diri dalam pelaksanaan tugas.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa part-time 2017 yang diwakili oleh Nurrohman menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas bimbingan dan pelajaran yang diberikan oleh semua pustakawan selama bertugas. Sedangkan mahasiswa part-time 2018 yang diwakili oleh Ahmad Shalahuddin menyampaikan harapannya untuk dapat berjuang bersama para pustakawan dalam mensukseskan program-program perpustakaan. Setelah memperkenalkan kawan-kawannya, ia membacakan puisi “tangan pustakawan” dari koleksi berjudul Burung-burung di Tiang Duka karya Ali D. Musrifa. Pembacaan puisi yang menyentuh hati tersebut mendapat sambutan yang sangat meriah dari seluruh peserta rapat umum. Pada akhir acara dilakukan penyerahan sertifikat kepada mahasiswa part-time perpustakaan 2017. Selanjutnya Kepala Perpustakaan menerima cinderamata dari mahasiswa part-time perpustakaan 2017. (Ist)

Share this post

Leave a Reply