Literasi Informasi bagi Sivitas Akademika UIN Sunan Kalijaga

Literasi Informasi bagi Sivitas Akademika UIN Sunan Kalijaga

Sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibitas sivitas akademika terhadap e-resources, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah memulai kegiatan literasi informasi. Secara teoritis, literasi informasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengenal kebutuhan informasi, mengidentifikasi, menemukan informasi melalui sumber-sumber  yang tersedia, mengevaluasi, serta menggunakannya secara bijaksana.

Pada tahun 2017 ini Perpustakaan Sunan Kalijaga  menyelenggarakan kelas literasi informasi bagi para sivitas akademika secara terjadwal, yaitu pada setiap hari Selasa pukul 10.00 WIB. Literasi informasi ini berupa bimbingan penelusuran sumber-sumber elektronik atau e-resources. Dalam kegiatan ini para mahasiswa diperkenalkan dengan seluruh e-resources yang dimiliki oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, seperti berbagai database e-jurnal, e-book, dan institusional repository. Selain itu, para mahasiswa dipandu dalam menentukan strategi penelusuran untuk memperoleh hasil penelusuran tepat dan akurat.

Baru-baru ini mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga program pascasarjana semester genap mengikuti kelas literasi informasi, antara lain prodi PAI, PGMI, IH, dan SHARK dengan jadwal ditentukan oleh mahasiswa sendiri. Bagi mahasiswa program pascasarjana kemampuan dan kemandirian dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi khususnya e-resources tersebut sangat penting, karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas risetnya. Mengingat pentingnya kegiatan ini, pihak perpustakaan berharap kesadaran seluruh sivitas akademika khususnya mahasiswa program pascasarjana untuk dapat mengikuti program literasi informasi pada awal semester. (ist)

Share this post

Leave a Reply