AUN-QA Visitasi ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

AUN-QA Visitasi ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Wakil Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Khusnul Khotimah, MIP bersama koordinator bidang dan koordinator urusan layanan perpustakaan menerima visitasi tim asesor dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Perpustakaan merupakan salah satu unsur yang dinilai dalam rangka assessment quality assurance pada prodi PAI, fak. Tarbiyah dan prodi Pendidikan Kimia Fak. Saintek UIN Suka. Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 4 April 2016 dilaksanakan setelah pembukaan the 80th AUN Quality Assessment at Sunan Kalijaga State Islamic University di gedung PAU UIN Sunan Kalijaga.

Dalam sesi pembukaan tersebut, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Yudian Wahyudi, Ph.D menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga saat ini fokus untuk menjadi leader di bidang Islamic studies, dan berupaya untuk menjadi salah satu world class university, seperti yang sudah ditargetkan dalam kurun waktu 2016 hingga 2020. Beberapa upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut antara lain, akselerasi program Ph.D, akselerasi jabatan profesor, pengembangan internasional journal dan kerjasama internasional, di samping itu juga merencanakan untuk membuka fakultas kedokteran.

AUN yang didirikan 19 tahun yang lalu ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat regional ASEAN. Lembaga ini melakukan penjaminan mutu bagi program studi universitas yang menjadi anggotanya. AUN-QA akan memberikan rekomendasi terbaiknya bagi universitas yang telah divisitasi sehingga diharapkan mutu program studi dapat lebih meningkat dan setara di tingkat ASEAN.

Sebagai unsur penunjang pendidikan,  Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga berupaya semaksimal mungkin dalam mensupport cita-cita institusi sehingga perpustakaanpun mengarah pada world class library. Seyogyanya pihak universitas juga fokus pula dalam pengembangan perpustakaan, baik dari segi SDM, maupun fasilitas sarana dan prasarananya. Hal tersebut penting agar perpustakaan dapat memberikan pelayanan optimal bagi seluruh sivitas akademikanya terutama dari segi aksesibilitas sumber-sumber informasinya. Ketersediaan, kelengkapan dan kemudahan akses sumber-sumber informasi akan membantu meningkatkan mutu riset-riset yang dihasilkan oleh sivitas akademika. Harmnonisasi perpustakaan dengan unit-unit lain di lingkungan UIN Sunan Kalijaga perlu dibangun sehingga mempermudah, memperlancar dan mempercepat pengembangan perpustakaan dalam mendukung cita-cita lembaga. (ist)

Share this post

Leave a Reply