Prof Dr Syihabuddin Qalyubi membacakan puisi

Ketika Kampus UIN Sunan Kalijaga Berpuisi

Suara gemuruh tepuk tangan membahana di ruang teatrikal dan lobi lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada hari Senin, 6 Maret 2017. Perhatian pengunjung perpustakaan terarah pada para tokoh yang bergantian membaca puisi dengan penuh penghayatan di atas podium. Kegiatan baca puisi yang dilaksanakan pada pukul 8.30 sampai jam 12.30 WIB tersebut diselenggarakan dalam rangka turut serta meramaikan dinamika sastra di Yogyakarta.

Lembaga seni budaya MMPI (Mari Membaca Puisi Indonesia) bekerjasama dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan peluncuran buku puisi yang dikemas dengan tajuk “UIN SUKA BERPUISI”. Buku puisi yang dimaksud adalah “Ombak Negeri Legenda” karya Aly D Musyrifa. Kumpulan puisi yang diterbitkan Halaman Indonseia ini merupakan buku puisi Aly D Musyrifa yang kedua, setelah sebelumnya pada tahun 2013 ia menerbitkan “Burung – burung di Tiang Duka,” yang mendapatkan penghargaan sebagai nomine buku sastra terbaik dari balai bahasa Yogyakarta tahun 2014.

Sejumlah orang penting dan keren yang hadir dan membaca puisi dalam acara ini, diantaranya Dr. Sahiron (Wakil Rektor 2 UIN Sunan Kalijaga), Dr. Fathurrahman (dosen UIN Sunan Kalijaga), Prof. Dr. Syihabuddin Qalyubi (dosen UIN Sunan Kalijaga), dan Prof. Dr Babun Suharto (Rektor IAIN Jember). Drs. Imam Ma’ruf (anggota DPRD Jawa Timur) tampil mewakili politisi, aktris Sitoresmi Prabuningrat dan penyair Nana Ernawatime mewakili seniman, serta Ida Hadna dan Widyastuti Kartika mewakili pustakawan. Hadir pula pembaca puisi cilik, Zakky Akhfash Ramadhani dari Jember. “Masyarakat kampus yang berkarakter akademis dan ilmiah perlu juga sesekali bersantai dalam kesegaran imajinasi yang ditawarkan puisi,“ jelas Labibah Zain, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, yang juga berperan sebagai koordinator kegiatan sekaligus menjadi pemandu acara. Even sastra yang mengambil bentuk “music dan puisi” ini dimeriahkan oleh Devisi Musik teater Eska, Farid Mustav Music, dan Merlisto.

Pentas seni dan budaya ini menarik banyak perhatian para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Sejumlah 160 orang hadir menyaksikan acara ini dan tetap antusias mengikuti hingga berakhirnya acara. Pada bagian akhir pentas, sang penyair Ali D Musyrifa tampil total dan memukau membacakan karyanya dengan diiringi alunan gitar dan vocal. (ist)

Share this post

Leave a Reply