Pustakawan UIN Sunan Kalijaga kembali dari Library Training and Internship di Perth West Australia

Pustakawan UIN Sunan Kalijaga kembali dari Library Training and Internship di Perth West Australia

Tahun 2016 MORA (Ministry of Religiuos Affairs) kembali menyelenggarakan Program DELSMA (Development of Library System Management). Program ini merupakan program peningkatan kompetensi pustakawan PTKI, yang berfokus pada pengembangan kelembagaan (institutional development) dan pengembangan ketenagaan (human resource development). Salah satu dari sebelas orang pustakawan perguruan tinggi peserta program tersebut adalah Isrowiyanti, S.Ag.,SS  pustakawan UIN Sunan Kalijaga.

Program DELSMA tahun ini berlokasi di kota Perth, West Australia. Program ini diawali dengan Predeparture, tanggal 17 Oktober 2016 di Jakarta. Selanjutnya adalah kegiatan training dan internship tanggal 19 – 26 Oktober 2016 di Perth Australia. Kegiatan training dilaksanakan di kampus Curtin University, sedangkan internship dilaksanakan secara berkelompok di empat perpustakaan universitas yang berbeda yang ada di kota Perth. Selama pelaksanaan kegiatan di Perth, para peserta didampingi oleh Imas Maesaroh, Phd. sebagai supervisor sekaligus pembimbing mereka. Program DELSMA kedua ini diakhiri dengan Postdeparture tanggal 28 Oktober 2016 di Jakarta.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah, MLIS berharap pustakawan peserta DELSMA dapat mentransfer pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya kepada mitra kerja dan perpustakan tempat ia mengabdi. Hal tersebut sangat penting bagi pengembangan Perpustakaan dalam rangka mendukung UIN Sunan Kalijaga yang mengarah pada world class university. (ist)

Share this post

Leave a Reply