Hadroh dan Nadzoman Memeriahkan Peringatan Hari Santri Nasional di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Hadroh dan Nadzoman Memeriahkan Peringatan Hari Santri Nasional di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Pemerintah telah menetapkan tgl 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah mengakui peran santri yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Dalam sejarahnya, KH. Hasyim mencetuskan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 di Surabaya untuk menghalau dan mencegah kembalinya NICA.

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional itulah Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Teatre ESKA menyelenggarakan kegiatan  yang berusaha menghadirkan suasana di pondok pesantren. Kegiatan tersebut berupa Pameran Kitab Kuning, menyajikan kitab kuning-kitab kuning yang dimiliki perpustakaan, antara lain I’anat al Talibin, Alkawakib al Durriyyah, Syarh al Jurumiyyah, Sharh Ibn ‘aqil  ‘ala Alfiyah, dan Al Nukat al Wafiyyah. Ada pula kegiatan ngaji sorogan, dipimpin oleh Dr. Zamzam Dosen Adab dan diikuti oleh para pengunjung perpustakaan. Untuk memeriahkan suasana disajikan pula kegiatan hadroh dan nadzoman dari teater ESKA, dan diikuti oleh staf kepegawaian, Ibu Eni.

Kegiatan yang dihadiri oleh kalangan sivitas akademika ini berlangsung di lobby lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, pada pada hari Jumat, 28 Oktober 2016 yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dari kegiatan tersebut diharapkan pengunjung dapat mengenang dan memetik nilai-nilai luhur dari perjuangan para pemuda santri yang berjihad untuk membela tanah air dengan sepenuh jiwa dan penuh keikhlasan. (ist)

Share this post

Leave a Reply