User Education Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga 2016

User Education Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga 2016

Pemahaman yang baik tentang pemanfaatan fasilitas, layanan, dan sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan merupakan modal dasar bagi mahasiswa sebagai pemustaka agar memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari perpustakaan sebagai pendukung proses studi mahasiswa selama di universitas. Selain itu, berbagai sumber tercetak maupun elektronik yang disediakan oleh perpustakaan menjadi kurang bermanfaat bila tidak tersosialisasikan dan tidak dapat diakses secara optimal oleh pemustaka.

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan tahunan User Education bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 23 September  2016 ini diikuti oleh 3201 mahasiswa baru program S1 dan D3. Sebelum mengikuti kegiatan ini, mahasiswa harus mendaftarkan diri secara online, memilih sendiri waktu pelaksanaan, gelombang dan kelompoknya.  Pelaksanaan kegiatan user education terbagi ke dalam dua sesi, yaitu sesi teori yang dilaksanakan secara klasikal di ruang teatrikal, dan library tour dan praktek secara berkelompok yang dipandu oleh para pustakawan.

Kegiatan yang terjadwal dalam kalender akademik universitas ini merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh para mahasiswa baru sebagai persyaratan aktivasi keanggotaan. Peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini akan diaktivasi keanggotaannya, sehingga dapat melakukan transaksi peminjaman. Dari sisi pustakawan, kegiatan user education akan membatu kelancaran aktivitas layanan perpustakaan sehari-hari. Sedangkan dari sisi mahasiswa, diharapkan mereka menjadi pemustaka yang mandiri dan bertanggung jawab dalam mengakses dan memanfaatkan fasitas dan layanan perpustakaan. Untuk memeriahkan suasana serta menambah keakraban di antara peserta dan pustakawan, panitia menyediakan fasilitas photobooth lengkap dengan berbagai properti yang menarik. Dengan fasilitas tersebut, para peserta dan  pengunjung perpustakaan lainnya dapat berfoto bersama atau shelfie untuk mengabadikan momen berkesan. (Ist)

Share this post

Leave a Reply