Workshop Strategi Menyusun Karya Tulis Ilmiah dan Menghindari Plagiarisme

Workshop Strategi Menyusun Karya Tulis Ilmiah dan Menghindari Plagiarisme

Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan mencegah tindak plagiarism di kalangan sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga, maka pada hari Jumat, 10 Juni 2016 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan PT Gamatechno menyelenggarakan kegiatan Workshop Strategi Menyusun Karya Tulis Ilmiah dan Menghindari Plagiarisme. Dua orang narasumber kegiatan ini adalah Nurul Indarti, Ph.D, researcher dan Program Director of MD Management FEB UGM., adapun narasumber dari Gamatechno  adalah Adityo Hidayat ST, dan Mojo Koyo S.Kom.
Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag.,SS.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga harus mengetahui tentang plagiasi. Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kode etik sivitas akademik, terlebih lagi dengan adanya Permenpan No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Nurul Indarti yang juga menjadi editor di beberapa jurnal internasional, dalam sesinya memaparkan terkait strategi menyusun karya tulis ilmiah serta berbagi pengalaman dalam submit makalah ilmiahnya di jurnal internasional. Dalam paparannya disebutkan bahwa plagiarisme merupakan tindak kecurangan  atau kejahatan yang terjadi ketika penulis memaparkan  secara keliru karya orang lain sebagai karyanya sendiri. Menurutnya harga diri akademisi diwujudkan dengan kejujuran yaitu tidak melakukan tindak plagiarisme.
Narasumber dari PT Gamatechno dalam sesinya memaparkan software pendeteksi plagiarisme. Melalui software ini akan dapat diketahui seberapa besar unsur plagiarisme dalam suatu karya  dengan membandingkannya dengan karya-karya ilmiah lainnya, baik dari intern  maupun ekstern lingkungan universitas. Hasil proses pendeteksian akan menjadi rekomendasi bagi penyusun karya ilmiah untuk bisa memperbaiki kesalahan dan menghidarkannya dari praktek plagiarisme. Workshop yang dilaksanakan pada pukul 8.30 – 11.30 WIB ini dihadiri oleh 100 orang peserta. Para peserta selain terdiri dari para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga, baik program S1, S2, S3, fungsional pustakawan dan dosen, dihadiri pula oleh peserta dari berbagai lembaga di luar UIN Sunan Kalijaga. (Ist)

Share this post

Leave a Reply