Diskusi Tentang Kebudayaan Kanada di Canadian Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Diskusi Tentang Kebudayaan Kanada di Canadian Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Menurut PBB, Kanada dinyatakan sebagai salah satu dari 10 negara terbaik di dunia untuk tinggal, baik dari segi akses pendidikan, kesehatan, seni, serta keindahan alamnya. Demikian pula dengan tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah, menjadi daya tarik berbagai bangsa untuk datang ke Kanada. Khusus di bidang pendidikan, Kanada menyediakan sekolah-sekolah dan universitas kelas satu dunia dengan biaya pendidikan yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan negara Amerika dan Eropa lainnya. Pengakuan dunia atas keunggulan pendidikan di Kanada nampak dari pengakuan seluruh dunia atas gelar dari universitas di Kanada, sehingga hal tersebut menjamin kesuksesan karir para alumninya di berbagai negara.

Uraian di atas dipaparkan oleh Helene Viau, dalam kegiatan Diskusi tentang Kebudayaan di Kanada pada hari Rabu, 20 Januari 2016 yang lalu. Helene Viau adalah  seorang staf Kedutaan Besar Kanada bidang Politik dan Hubungan Masyarakat yang hadir sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan ini. Dalam diskusi yang berlangsung satu jam ini disampaikan pula bahwa hubungan Indonesia dengan Kanada sangat erat. Kanada membuka diri bagi semua orang Indonesia untuk menempuh pendidikan  di sana. Selama kurang lebih sepuluh tahun telah banyak alumni UIN Sunan Kalijaga yang berhasil menyelesaikan pendidikan di Kanada, khususnya bidang Studi Islam.

Kegiatan diskusi yang dipandu oleh Ismiyatin,S.Pd., staff Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini berlangsung di Canadian Corner dan dihadiri oleh 30 orang sivitas akademika. Sebagian besar peserta yang hadir adalah mahasiswa dari berbagai fakultas dan prodi yang memiliki ketertarikan dengan Kanada dan mereka nampak antusias selama kegiatan berlangsung. (ist)

Share this post

Leave a Reply