Menyambut Hari Bakti, BP Batam Gelar Lomba Menulis Resensi Buku

Menyambut Hari Bakti, BP Batam Gelar Lomba Menulis Resensi Buku


 
Menyongsong Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam ke-44 Tahun 2015, Perpustakaan Otorita Batam-BP Batam menggelar Lomba Menulis Resensi Buku. Pelaksanaan lomba resensi dibuka langsung oleh Anggota 1/Deputi Bidang Adminstrasi dan Umum, Drs. A Gani Lasya, Rabu (30/9) di Gedung B Pusat Teknologi dan Informasi BP Batam, Batam Centre, Batam.
 
Disampaikan oleh ibu Wahyu Suci Rahayu Kabag. Sekretariat, Arsip dan Perpustakaan BP Batam Selaku Ketua Pelaksana Lomba Resensi Buku, lomba Menulis Resensi Buku, dengan tema “Peran Buku Novel Biografi Dalam Memberikan Inspirasi dan Motivasi”, diikuti oleh 50 peserta yang merupakan para pegawai BP Batam dari berbagai unit kerja. Lomba akan dilaksanakan pada Kamis (1/10) di Gedung Pusat Teknologi dan Informasi, sedangkan pada Rabu (30/9) diberikan pelatihan teknik menulis resensi buku dari Harian Batam Pos dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
 
Selain dalam rangka menyambut Hari Bakti BP Batam ke-44, Deputi Bidang Administrasi dan Umum BP Batam menjelaskan, lomba ini juga dalam rangka menyongsong ulang tahun berdirinya Perpustakaan Otorita Batam-BP Batam ke-7, yang telah diresmikan pada 26 Oktober 2008 lalu. Lomba menulis resensi buku di tahun 2015 ini, adalah penyelenggaraan yang ke-3, yang sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2012 dan 2014.
 
Gani Lasya mengatakan Lomba Menulis Resensi Buku ini akan menjadi ruang dan media yang dapat meningkatkan minat baca bagi para pegawai BP Batam, juga sebagai media untuk berkreasi dan membuka wawasan, mendorong perkembangan bakat dan kemampuan menulis.
 
Lomba menulis resensi buku juga sebagai program dari Perpustakaan Otorita Batam-BP Batam sebagai dukungan untuk meningkatkan minat baca masyarakat termasuk para pegawai BP Batam secara terus menerus melalui pemanfaatan perpustakaan di manapun berada.
 
Menurut Gani Lasya, semakin tinggi minat baca masyarakat, semakin tinggi pula kepeduliannya terhadap pembangunan. Pemasyarakatan perpustakaan dan minat baca perlu dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menyatukan persepsi semua stakeholder perpustakaan guna meningkatkan dan membangkitkan minat baca masyarakat. 
 
Pelaksana harian Kepala Biro Umum dan Sekretariat, Ilham Eka Hartawan, saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan mengatakan, dalam lomba resensi buku ini, para peserta diwajibkan meresensi salah satu dari 3 buku novel yang disediakan panitia, yaitu The Magic Life tulisan Ace Starry, Mengembangkan Ruang Baca tulisan John Wood, dan novel Mimpi Anak Pulau yang ditulis oleh novelis Abidah El Khalieqy.
 
Juri dalam lomba ini adalah Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, Pemimpin Redaksi Batam Pos, M. Iqbal, dan Pemimpin Redaksi Batam Pos Online, Putut Aryotedjo.

Share this post

Leave a Reply