Workshop Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Bagi Tenaga Perpustakaan Smp, Sma, Dan Smk Sekabupaten Sleman

Workshop Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Bagi Tenaga Perpustakaan Smp, Sma, Dan Smk Sekabupaten Sleman

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Perpustakaan bagi tenaga perpustakaan SMP, SMA, dan SMK. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka  pengembangan mutu dan kualitas program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan  tenaga kependidikan Dispora Kabupaten Sleman ini  berlangsung di ruang pelatihan lantai 1 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 14 – 16 Oktober 2014. Dari laporan yang dibacakan oleh Ketua Panitia workshop Fajar Taufiq, kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta (24 Perpustakaan SMP, 6 Perpustakaan SMA, dan 10 Perpustakaan SMK) tersebut bertujuan antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konsep pengelolaan perpustakaan sekolah. 

Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Wantini didampingi oleh Wakil Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Widyastuti Kartini, S.Sos. Dra. Sri Wantini menyampaikan, bahwa perpustakaan sekolah perlu dikelola dengan baik agar dapat menjadi pusat perhatian dan menarik stake holder untuk mendukung terwujudnya perpustakaan sebagai sumber belajar. Dari kegiatan ini diharapkan semua peserta mampu mengelola perpustakaan sesuai dengan standar dan bisa diimplementasikan di sekolah masing-masing. Selain itu, perlu ada sharing pengetahuan dan pengalaman antar pengelola perpustakaan sekolah.

Narasumber pada workshop pengelolaan perpustakaan sekolah menengah adalah Dra. Labibah Zain, M.LIB, (dosen Jurusan IPI Fak. Adab UIN Sunan Kalijaga), para pustakawan UIN Sunan Kalijaga serta Tim Teknologi Informasi Perpustakaan. Materi yang disampaikan adalah Manajemen Perpustakaan Sekolah Integratif, Pengembangan Koleksi, Implementasi Teknologi Informasi Perpustakaan Sekolah,  Pengolahan Koleksi, dan Pengoperasian Modul Layanan dengan aplikasi SLiMS. Keseriusan dan antusiasme peserta dalam mengikuti workshop ini tampak, seperti banyaknya peserta yang memberikan tanggapan maupun mengajukan pertanyaan selama sesi materi dan praktek. Selain itu, para peserta tetap berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan oleh para narasumber meskipun waktu pertemuan sudah berakhir.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini ditutup oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tingkat TK dan SD, Drs. Bambang Nindyo Baskoro. Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga M. Solihin Arianto, S.Ag.,SIP.M.LIS dalam sambutannya pada acara penutupan menyampaikan bahwa setelah workshop ini harus ada tindak lanjut  berupa pendampingan di lapangan bagi perpustakaan sekolah menengah. Untuk itu, ke depan diharapkan ada MoU antara pihak UIN Sunan Kalijaga dengan pihak Kabupaten Sleman agar pendampingan dapat terealisasi dengan baik dan efektif. (Ist)

 

Share this post

Leave a Reply