Workshop Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Sleman

Workshop Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Sleman

Perpustakaan Sekolah Dasar memiliki peranan penting, antara lain sebagai pusat sumber informasi bagi para siswa dan guru yang membutuhkan beragam informasi tentang berbagai ilmu pengetahuan dan perkembangannya. Selain itu, Perpustakaan Sekolah Dasar juga berperan dalam menumbuhkan dan memupuk budaya gemar membaca di kalangan siswa sejak dini, yaitu dengan menyediakan beragam bacaan yang sesuai dengan tingkatan usianya.

Agar Perpustakaan Sekolah Dasar berperan maksimal dalam proses belajar mengajar,  maka perlu ada upaya pengembangan perpustakaan. Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Senin, 22 September s.d 24 September 2014 diselenggarakan Workshop Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Sleman. Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang tenaga pendidik dan kependidikan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dra. Sri Wantini didampingi   oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga M. Solihin Arianto, S.Ag.SIP., M.LIS.  Materi workshop antara lain: Manajemen Perpustakaan Sekolah, Pengembangan Koleksi, Instalasi Aplikasi Otomasi Perpustakaan, dan  Pengolahan Koleksi Berbasis SLIMS. Narasumber workshop terdiri dari para dosen dan pustakawan UIN Sunan Kalijaga, antara lain M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.LIS., DR. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si, Sri Astuti MIP, dan Suharyanto, SE., S.IPI.

Workshop yang dilaksanakan di ruang pelatihan gedung Perpustakaaan UIN Sunan Kalijaga lantai 1 ini berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ditutup oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tingkat TK dan SD, Drs. Bambang Nindyo Baskoro dan didampingi oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga  Sebelum acara ditutup, tiga orang peserta berprestasi terbaik, yaitu Sari (SDN Percobaan 2 Depok), Joko Windarto (SDN Ngemplak 2), dan Heru Hariyanto (SDN Turi 3)  memperoleh tanda mata dari Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.  Setelah workhop ini berkahir, para peserta berharap agar terjalin komunikasi yang baik dengan pihak Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga untuk keberlanjutan aplikasi sistem perpustakaan di instansinya masing-masing. (Ist)

Share this post

Leave a Reply