Akademisi Membaca Puisi

Akademisi Membaca Puisi

Puisi merupakan bagian dari karya sastra yang dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan fikiran maupun curahan hati manusia. Melalui syair puisi yang dibacakan, seseorang dapat mengungkapkan kondisi atau situasi sosial yang bergejolak di tengah masyarakat, dan mengajak masyarakat merenung, merasakan, dan  berempati dengan perubahan sosial yang terjadi. Untuk itu, kegiatan pembacaan puisi perlu digalakkan sebagaimana kegiatan pembacaan puisi oleh para akademisi yang telah berlangsung di ruang teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada hari Senin, 3 Maret 2014.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Mari Membaca Puisi Indonesia (MMPI) bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. MMPI yang didirikan oleh sastrawan Aly D. Musyrifa dan Hamdi Salad ini bertujuan untuk mengajak semua kalangan untuk membaca puisi dengan ‘fun’. Akademisi Membaca Puisi  yang baru pertama kali di Indonesia ini merupakan bagian dari road show buku ‘Burung-Burung di Tiang Duka’ (penerbit Interlude, 2014) yang disusun oleh Aly D. Musyrifa ke beberapa kota di Indonesia.

Para akademisi yang tampil membaca puisi dalam acara ini, antara lain Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. DR. Musa Asy’ary, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, M. Solihin Arianto,S.Ag, SIP.,M.LIS, Dekan Fakultas Saintek Prof. Dr. Akh. Minhaji, Dosen Fakultas Dakwah Evi Septiani, MA  dan Ketua FPPTI DIY, Susi Anastasia, MIP. Adapun selaku komentator puisi adalah Prof. Dr. Taufiq A. Dardiri. Selain pembacaan puisi karya Aly D. Musyrifa, acara ini dimeriahkan dengan penampilan kolaborasi beberapa seniman Yogyakarta.

Share this post

Leave a Reply