Aplikasi Sistem DEALKEY dan E-PRINTS Untuk DIGILIB

Aplikasi Sistem DEALKEY dan E-PRINTS Untuk DIGILIB

 

Aplikasi Sistem Kunci Loker (DEALKEY) dan EPRINTS Untuk Digilib

Perpustakaan UIN SunanKalijaga kini memiliki system pinjam dan kembali kunci loker yang disebut dealkey. Sistem ini merupakan hasil inovasi Tim TI Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam pengembangan teknologi otomasi perpustakaan. Sistem peminjaman kunci manual menyebabkan muncul berbagai permasalahan sehingga menyita banyak waktu petugas dalam menanganinya. Pada sistem manual pemustaka harus meninggalkan kartu identitas untuk meminjam kunci loker. Dari kegiatan tersebut memuncukan permasalahan, antara lain sering tertukarnya kartu identitas pemustaka.
Dealkey menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang muncul dalam sistem manual.  Dengan sistem kunci loker yang baru tersebut, pelayanan kunci loker menjadi lebih cepat, mudah dan akurat. Dengan sistem ini pemustaka yang hendak meminjam kunci loker cukup menunjukkan KTA atau KTM untuk discan oleh petugas, secara otomatis data diri pemustaka akan masuk dalam database. Ketika hendak mengembalikan kunci maka pengguna cukup menyerahkan kembali kunci dan petugas akan mencscan barcode pada kartu lokernya, secara otomatis data peminjam kunci loker akan terhapus. Selain itu DealKey dapat menyajikan data-data terkait penggunaan loker. DealKey telah diresmikan penggunaannya pada bulan Juni 2012 lalu.


Pada waktu yang sama Rektor UIN Sunan Kalijaga juga meresmikan E-Prints untuk mengakses digital library (digilib). Kebijakan untuk mengadopsi E-Prints bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas ke berbagai sumber informasi yang ada di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bagi semua pihak melalui digilib. Kemudahan tersebut antara lain pengguna bisa mengakses dan mendownload artikel di digilib secara bersamaan. Berbeda dengan aplikasi repository yang lama, E-Prints merupakan aplikasi open source yang setiap saat bisa di-update dan di-upgrade, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan yang selalu berkembang. Pengguna dapat mengakses koleksi digilib yang berupa e-journal, tugas akhir, dan kliping melalui digilib UIN Sunan Kalijaga

Share this post

Leave a Reply