Launching Difabel Corner Perpustakaan

launching_difabel_corner

Launching Difabel Corner Perpustakaan


Launching Difabel Corner Perpustakaan

launching_difabel_corner

UIN Sunan Kalijaga telah menetapkan diri sebagai kampus inklusif, yaitu kampus yang memberikan akses pendidikan yang setara kepada setiap orang, tanpa melihat asal-usul ras, agama, kelas sosial dan ekonomi, maupun keadaan jasmaninya. Mereka yang secara fisik memiliki kebutuhan khusus mendapatkan jaminan hak pendidikan yang setara di UIN Sunan Kalijaga (hingga saat ini UIN sudah dan sedang mendidik 40 mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel)

Untuk menjadikan UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus inklusi, berbagai upaya perluasan aksesibilitas kampus terus dilakukan. Untuk aksesibilitas fisik, hamper seluruh lantai satu UIN telah diberi fasilitas ram (tangga landai) yang memungkinkan kursi roda untuk mengaksesnya. Masjid UIN Sunan Kalijaga, misalnya, adalah salah satu dari sedikit masjid yang sudah aksesibel dan memberikan shaf khusus bagi yang berkursi roda.

Selain aksesibilitas fisik, upaya lainnya adalah meningkatkan aksesibilitas manajemen, aksesisibilitas administrasi, dan yang paling penting adalah aksesibilitas kegiatan akademik dan penunjang akademik sebagai bentuk layanan prima bagi para mahasiswa difabel. Mulai dari proses pendaftaran mahasiswa baru, tes masuk, pendampingan saat kuliah, hingga persiapan untuk lulus dan terjun di masyarakat.

Salah satu fasilitas penunjang akademik yang kini telah disiapkan adalah Difabel Corner. Difabel Corner adalah layanan yang terintegrasi dengan layanan Perpustakaan UIN agar koleksi perpustakaan UIN aksesibel, terjangkau dan dapat diakses dengan mudah oleh para difabel.

Difabel Corner menyediakan (a) koleksi adaptif, (b) teknologi bantu, dan (c) bantuan personal untuk menjamin tersedianya akses pengetahuan bagi para difabel. Koleksi adaptif yang kami sediakan meliputi buku-buku Braille, buku elektronik yang ramah difabel, audio book (buku yang dibaca dan direkam dalam bentuk suara) dari berbagai judul buku popular dan buku-buku kuliah.

Untuk saat ini teknologi bantu yang tersedia di Difabel Corner adalah teknologi bantu untuk para tuna netra. Difabel Corner menyediakan komputer-komputer yang dilengkapi Jaws (pembaca layar) yang membantu tuna netra dalam menavigasi menu dan isi komputer. Selain menyediakan koleksi, Difabel Corner juga akan memproduksi sendiri koleksi-koleksinya: mulai dari pencetakan koleksi Barialle sampai dengan pembuatan audio book dan eBook untuk buku-buku yang belum memiliki versi eBook.

Ke depan, koleksi Difabel Corner akan terus diperkaya melalui program kerjasama dengan berbagai penerbit dan perorangan yang peduli dengan pembuatan teknologi bantu untuk semakin memudahkan para difabel dalam memperoleh akses pengetahuan yang setara.

Tanggal 20 Desember 2011 ini, Difabel Corner secara resmi dibuka oleh Pembantu Rektor 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan akan beroperasi setiap hari dan jam kerja. Untuk yang berminat memanfaatkan, silakan datang ke gedung perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Lt. 1.

Share this post

Leave a Reply