Workshop Penguatan Kompetensi Pustakawan

Workshop Kompetensi Pustakawan

Workshop Penguatan Kompetensi Pustakawan

 

Workshop Kompetensi Pustakawan

Peran tradisional kepustakawan hingga saat ini tidak mengalami perubahan, namun lingkungan kerja, masyarakat pengguna dan sarana kerjalah yang berubah sehingga pustakawan dituntut untuk meningkatkan kompetensinya agar dapat melaksanakan perannya dengan lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.Lib., Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, dalam acara pembukaan Workshop Penguatan Kompetensi Pustakawan pada tanggal 4 Desember 2011 di ruang teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Workshop dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof. Dr. Siswanto Masruri.

Dua orang narasumber yang diundang adalah Drs. Sungkowo Raharjo, S.H., MBA., M.Si, Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI (makalah dengan judul “Tantangan, keharusan, dan Strategi pengembangan Profesi Pustakawan”), dan Dra. Labibah Zein, M. LIS., dari Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijga (makalah dengan judul “Profesi Pustakawan: Problem dan Tantangan di Era Global”) dan moderator oleh Anis Masruri, S.Ag., SIP, M.Si. Workshop diikuti oleh seluruh pustakawan dan calon pustakawan, para pengelola Resource Centre fakultas serta para mahasiswa part time perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Dari kegiatan workshop tersebut diharapkan para pustakawan dapat lebih instropeksi diri, kreatif, dan lebih termotivasi untuk segera melakukan perubahan baik dari pola berpikir, cara bekerja, sikap perilaku, mental yang semakin positif sehingga dapat terwujud pustakawan profesional yang menghargai dan menjunjung tinggi profesinya, serta sangat kompeten dalam melaksanakan tugas kepustakawanannya di era global. Dari hal tersebut diharapkan pula image pustakawan di tengah masyarakat luas menjadi semakin positif.

 

Share this post

Leave a Reply