User Education Bagi Mahasiswa Baru Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

User Education Perpustakaan 2011

User Education Bagi Mahasiswa Baru Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

User Education Perpustakaan 2011

Pendidikan pemakai perputakaan (user education) di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan perpustakaan kepada para mahasiswa baru dalam rangka pengenalan perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Oktober 2011 hingga 1 November 2011 yang diikuti oleh 3800 orang mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi mengenai pengenalan perpustakaan serta pemanfaatan fasilitas dan layanan perpustakaan Di samping itu dilaksanakan pula library tour dan praktek penelusuran informasi serta praktek penggunaan fasilitas yang ada di perpustakaan, seperti penggunaan sarana ELIMS (Elektronik Library Information System) untuk proses peminjaman dan pengembalian pustaka secara mandiri serta penggunaan gateway (pintu elektronik).

User education juga diberikan kepada mahasiswa program pascasarjana dengan penekanan materi pada penelusuran database jurnal elektronik dan pemanfaatan ELIMS. User education bagi mahasiswa program pascasarjana dilaksanakan mulai tanggal 8 November 2011.

Diharapkan dari kegiatan user education ini akan terjalin komunikasi dan hubungan yang baik di antara pemustaka dengan para pengelola perpustakaan. Di samping itu kegiatan tersebut dapat memotivasi pemustaka untuk maksimal dalam memanfaatan layanan yang ada di perpustakaan sebagai salah satu penunjang keberhasilan dalam studi dan pengajaran di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

Share this post

Leave a Reply