Studi Banding Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Ke Perpustakaan Universitas Udayana Bali

Study Banding ke Udayana

Studi Banding Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Ke Perpustakaan Universitas Udayana Bali

 

STUDI BANDING PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS UDAYANA BALI

Study Banding ke Udayana

Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola koleksi karya tulis, karya cetak, karya rekam sudah seharusnya turut bertanggung jawab dalam pelestarian naskah-naskah kuno. Berkaitan dengan hal tersebut, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga berencana untuk berpartisipasi dalam menyelamatkan warisan budaya bangsa berupa naskah kuno untuk disimpan dalam bentuk digital. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada tanggal 13 Mei – 17 Mei 2011 para pengelola perpustakaan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga melaksanakan studi banding ke Perpustakaan Universitas Udayana Bali yang dipandang telah berpengalaman dalam menangani naskah-naskah kuno.

Kegiatan studi banding ini dilaksanakan oleh 47 orang staf perpustakaan dan Kepala Perpustakaan sebagai penanggung jawab kegiatan. Maksud dari kegiatan ini adalah adalah untuk mengetahui secara langsung koleksi naskah kuno Bali yang sangat terkenal hingga ke manca negara dan untuk mengetahui seluk beluk penanganannya oleh Perpustakaan Universitas Udayana Bali. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengelolaan kerjasama dengan lembaga lain yang telah dilakukan oleh perpustakaan tersebut.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi profesionalitas pustakawan dan tenaga teknis Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga di bidang pelestarian naskah kuno sehingga Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dapat ikut berperan aktif dalam menjaga warisan budaya bangsa.

Selain mengunjungi Perpustakaan Universitas Udayana, kunjungan juga dilakukan kunjungan ke Museum Art Centre untuk menambah wawasan mengenai desain, lay out ruangan untuk display barang-barang berharga/bernilai tinggi. Dari kegiatan tersebut diharapkan akan memperdalam pengetahuan dan memperluas wawasan para pengelola Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan menjadi modal dalam upaya turut berperan dalam pelestarian warisan leluhur bangsa.

 

Share this post

Leave a Reply