WORKSHOP PENGGUNAAN DATABASE SCOPUS UNTUK ANALISIS PENELITIAN BAGI DOSEN DI LINGKUNGAN UIN SUNAN KALIJAGA

WORKSHOP PENGGUNAAN DATABASE SCOPUS UNTUK ANALISIS PENELITIAN BAGI DOSEN DI LINGKUNGAN UIN SUNAN KALIJAGA

Scopus merupakan database yang mencakup abstrak, dan sitasi artikel jurnal ilmiah. Database ini mencakup puluhan ribu judul dari ribuan penerbit dalam berbagai bidang subyek yaitu sains, tehnik, ilmu sosial dan kedokteran. Scopus merupakan bagian Elsevier yang merupakan perusahaan penyedia informasi ilmiah dan penerbit yang berdiri sejak tahun 1880 yang selanjutnya menjadi global analytic company. Scopus terdiri dari 2 jenis, yaitu database untuk analisa penelitian, dan content untuk akses berbagai jurnal ilmiah, yang mencakup pula manajemen profil, Scopus perorangan dan institusi. Dosen dan mahasiswa dapat mengakses scopus.com yang membantu penelitian agar menjadi lebih mudah dan strategis.
Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Johan Jang (Customer Consultant Elsevier Asia Pacific) dalam workshop Penggunaan Database Scopus untuk Analisis Penelitian bagi Dosen di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Desember 2021 secara daring dan diikuti oleh para Dosen UIN Sunan Kalijaga. Perpustakaan UIN Sunan. Dalam kesempatan tersebut, Johan Jang juga menyampaikan langkah-langkah mengakses database Scopus dan cara mengetahui sitasi artikel, serta menganalisa abstrak dan trend penelitian.
Pada tahun 2022 mendatang, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga akan melanggan database Scopus. Pihak perpustakaan berharap sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dapat mengakses database ini dengan mudah dan mengoptimalkan pemanfaatan database ini untuk aktivitas akademiknya. Berdasarkan hal tersebut, maka penyelenggaraan workshop ini sebagai upaya sosialisasi Scopus kepada sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga menjadi sangat penting. (Ist)

Share this post

Leave a Reply