PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA DIGITIZATION SERVICES OF THE NATIONAL LIBRARY OF KOREA (INTERNATIONAL TALKS VISITING INTERNATIONAL LIBRARIANS #11)

PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA DIGITIZATION SERVICES OF THE NATIONAL LIBRARY OF KOREA (INTERNATIONAL TALKS VISITING INTERNATIONAL LIBRARIANS #11)

Perpustakaan Nasional Korea melaksanakan berbagai upaya dalam rangka digitalisasi koleksinya, yaitu berupa Korean Memory Project meliputi: peningkatan dukungan bagi platform pengarsipan institusi budaya nasional/public/privat, membangun koleksi digital dengan mengkoleksi/preservasi sumber pengetahuan yang menyimpan memori kolektif institusi seni budaya dan individu, mendukung platform pengarsipan warisan budaya pengetahuan digital, mengembangkan dan melaksanakan sistem arsip untuk jenis material arsip digital (foto, manuskrip, text, image, sound, video), perencanaan kurasi digital, mengembangkan sistem managemen konten dan platform layanan, mendefinisikan guidline pembuatan konten digital, dan data standar, membangun dan melaksanakan asosiasi nasional.

Proses digitalisasi koleksi nasional untuk buku umum (mencapai 1.539.024buku) yang telah digitisasI, surat kabar lama, material seni dan budaya. Menggunakan peralatan shooting digital, seperti robot scanner dan scan studio. Faktor kesuksesan digitalisasi koleksi nasional mencakup pertimbangan biaya/efisiensi, mengembangkan format digital yang optimal dan proses untuk setiap material, manager projek, ICT solution, ruang penyimpanan, software, dan perlengkapan digitalisasi.

Perpustakaan Nasional Korea menyediakan koleksi secara terbuka untuk material yang sudah didigitalkan, seperti: perpustakaan digital Asia Timur, arsip surat kabar Korea, Pemerintahan Jepang Korea di sistem surat kabar Korea (dalam 335.527 artikel) yang dapat ditelusur melalui tanggal, klasifikasi dan nama personal, juga layanan gambar elektronik (meliputi gambar-gambar koleksi perpustakaan).

Pemaparan terkait layanan Digitalisasi Perpustakaan Korea di atas disampaikan oleh Hye Ran Suh (Chief Executive National Library of South Korea) sebagai narasumber dalam International Talks Visiting International Librarians seri 11, pada hari Jumat, 19 November 2021. Webinar yang dipandu oleh Fiqru Mafar, M.IP (UIN Khas Jember ) ini dibuka oleh Dr. Parveen Babbar (President Elect – SLA ASIA. Program yang didukung oleh mitra Perpustakaan (EBSCO, iGroup, dan Taylor & Francis) ini diikuti oleh berbagai peserta dari dalam dan luar negeri. Bertindak sebagai pembawa acara International talks sesi 11 ini adalah Siti Nur Khalishah mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Untuk memfasiltasi peserta difabel, Ragil dari Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga berperan sebagai sign interpreter dalam webinar ini. International Talks seri 11 ini ditutup dengan vote of thanks oleh Sri Lestari, MIP pustakawan UIN Sunan Kalijaga. Para peserta dapat bergabung kembali dalam International Talks Visiting International Librarians seri 12 atau seri terakhir pada 14 Desember 2021. (Ist)

Share this post

Leave a Reply